Siapa Orang Paling Berpengaruh versi Wikipedia?

crackberry.com

Sebuah cara pengukuran berdasarkan artikel di Wikipedia ternyata menghasilkan sebuah daftar orang paling berpengaruh di dunia yang lain daripada yang lain.

Young-Ho Eom dari University of  Toulouse, Perancis, dan rekannya meneliti berbagai artikel di Wikipedia dan memperoleh jawaban bahwa Carl Linnaeus, penemu skema penamaan ilmiah bagi tanaman dan hewan sebagai orang paling berpengaruh di dunia.

Young-Ho Eom  menggunakan analisis link dalam artikel Wikipedia dan  menggunakan algoritma PageRank Google untuk memperoleh daftar orang paling berpengaruh tersebut.

Google menggunakan algoritma PageRank untuk menghitung jumlah link masuk ke halaman web karena halaman yang terhubung dengan banyak situs lain yang mungkin penting. Young-Ho Eom menerapkan algoritma PageRank tersebut  ke dalam 24 edisi bahasa terpisah di Wikipedia untuk melihat apakah budaya yang berbeda menilai tokoh-tokoh sejarah yang berbeda sebagai yang paling penting. Artinya perbedaan budaya bisa saja membuat perbedaan hasil dalam menilai tokoh yang mana yang paling berpengaruh.

Carl Linnaeus menduduki peringkat atas atau nomor satu di semua bahasa karena ada sangat banyak halaman Wikipedia dengan nama ilmiah dalam setiap edisi dan semua halaman tersebut akhirnya mengarah kembali kepadanya. Jika hanya melihat artikel Wikipedia edisi bahasa Inggris, maka tokoh yang paling berpengaruh secara berurutan adalah Napoleon, Barack Obama dan Carl Linnaeus.

Tim peneliti juga mencoba algoritma lain yang disebut 2DRank, yang menghitung baik link yang masuk maupun link keluar di halaman web. Dengan metode tersebut tokoh paling berpengaruh yang dihasilkan secara berurutan adalah Adolf Hitler, Michael Jackson dan Madonna di semua bahasa. Untuk atikel berbahasa Inggris saja orang yang paling berpengaruh adalah  Frank Sinatra, Michael Jackson dan Paus Pius XII.

Sumber: New Scientist

Sumber Gambar: crackberry.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes