Lampu yang Bisa Memata-matai dan Live Tweet

wired.comKegiatan mata-mata online bukan lagi sesuatu yang baru. Banyak program yang dirancang oleh negara atau organisasi tertentu agar bisa melakukan kegiatan mata-mata secara online. Akan tetapi bila alat mata-mata tersebut bisa langsung melakukan Live tweet, ini merupakan sebuah kemajuan baru (tergantung dari sisi mana memandangnya) dalam kegiatan mata-mata online.

Sebuah lampu yang dinamakan Conversnitch Lamp yang lokasinya tidak diketahui adalah lampu yang memiliki kemampuan untuk melakukan aksi mata-mata dan langsung melakukan live tweet terhadap potongan-potongan percakapan yang ia dengarkan. Lampu ini memiliki akun tersendiri di Twitter (@conversnitch) dan kebanyakan tweet yang dilakukannya berisi isi wawancara kerja yang gagal, hubungan (percintaan) yang memanas, dan ketegangan di tempat kerja.

Lampu mata-mata yang bisa melakukan live tweet terhadap apa yang didengarkannya tersebut merupakan buah pikiran dari Kyle McDonald dan Brian House yang berasal dari New York. Mereka dengan lampu ini menginginkan orang untuk berpikir kembali tentang privasi dalam masyarakat.

Menurut Kyle McDonald dan Brian House, teknologi Conversnitch Lamp ini tidaklah canggih. Lampu ini dapat dibuat dengan dana kira-kira 100 dollar AS untuk merangkai beberapa bagian dari lampu tersebut misalnya Raspberry Pi mini komputer, mikrofon, LED dan pot bunga plastik.

Sistem yang ada di lampu tersebut dapat mengupload audio yang diam-diam ditangkap melalui jaringan Wi-Fi terbuka terdekat dan mengirimkannya ke platform crowdsourcing Amazon Mechanical Turk.

Pencipta Conversnitch berharap alat ini bisa membuat orang berpikir tentang privasi mereka, serta potensi bahwa mereka bisa dicatat kapan saja dan dimana saja.

Sumber: dailymail.co.uk, wired.com

Sumber Gambar: wired.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes