Hanya 55% Orang Indonesia yang Mendukung Freedom on Internet

wsj.netBanyak orang yang menginginkan kebebasan di internet tanpa harus dihantui oleh penjara atau sensor. Namun, seberapa besar sebenarnya orang Indonesia yang menginginkan kebebasan berinternet?

Sebuah survei di tahun 2013 yang lalu yang baru-baru ini dirilis oleh Pew Internet menunjukkan sebagian besar negara berkembang memiliki persentase tinggi dari warganya yang menginginkan kebebasan berinternet. Mayoritas di 22 dari 24 negara yang disurvei oleh Pew Internet mengatakan  adalah penting bahwa orang memiliki akses ke internet tanpa sensor pemerintah.

Dukungan untuk kebebasan internet yang sangat kuat di negara-negara di mana sebagian besar penduduk online. Di sebagian besar negara-negara yang disurvei, anak muda sangat mungkin untuk mempertimbangkan kebebasan internet sebagai prioritas.

Fakta penting dari survei yang dilakukan secara face to face ini dan melibatkan 21.847 orang di 24 negara berkembang dan emerging economies seperti Indonesia, Malaysia, Mesir dan banyak negara lainnya adalah ternyata di Indonesia hanya 55% yang mendukung kebebasan di internet. Mengingat survei yang dilakukan pada tahun 2013 yang lalu dan hasilnya dirilis setahun kemudian, kemungkinan bisa terjadi peningkatan persentase dari mereka yang menginginkan kebebasan di internet.

Namun tetap sebuah angka yang rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara lain. Perhatikan data berikut ini.

pew-global-most-want-uncensored-internet-access

 

Posisi Indonesia hanya lebih baik dari Uganda dan Pakistan. Dengan hanya sebesar 55% yang mendukung kebebasan di internet, Indonesia kalah jauh dibandingkan Philipina dan Malaysia sesama negara satu kawasan.

Sumber: Pew Internet

Sumber Gambar: wsj.net


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes