National Security Agency Memata-matai Huawei

blackholezoo.comNational Security Agency  (NSA) dikabarkan memata-matai salah satu perusahaan  besar Cina, yaitu Huawei.

The New York Times beberapa hari yang lalu melaporkan bahwa NSA menganggap Huawei sebagai ancaman sehingga mereka menyusup ke server Huawei untuk mengetahui apa saja yang dilakukan perusahaan Cina tersebut.

Menurut bocoran yang dibeberkan oleh Edward Snowden, NSA telah meretas jalan ke server kantor pusat Huawei yang berada di jantung industri Cina, Shenzen. Operasi NSA ini diberi nama Shotgiant dan dilakukan pada tahun 2010 yang lalu. Operasi tersebut semula bertujuan untuk menemukan keterkaitan antara Huawei dengan Tentara Rakyat Cina.

Namun tujuan tersebut menjadi meluas, yaitu  untuk mengeksploitasi teknologi Huawei sehingga ketika perusahaan tersebut menjual peralatan untuk negara-negara lain, termasuk sekutu dan negara yang menghindari membeli produk Amerika Serikat,  NSA bisa menjelajah melalui jaringan komputer dan telepon untuk melakukan pengawasan dan, jika diperintahkan oleh presiden Amerika Serikat melakukan operasi cyber ofensif.

Dalam dokumen tersebut dinyatakan secara jelas bahwa banyak target NSA berkomunikasi melalui produk yang dihasilkan oleh Huawei. NSA ingin memastikan bahwa mereka bisa mengeksploitasi produk Huawei tersebut untuk mendapatkan akses ke jaringan yang diinginkan di seluruh dunia. Misalnya, NSA berhasil melakukan pelacakan terhadap 20 lebih grup hacker China yang sebagian besar dari mereka adalah angkatan darat dan laut Cina saat mereka masuk ke jaringan  pemerintah Amerika Serikat, perusahaan termasuk Google, dan pembuat pesawat tak berawak dan senjata nuklir.

Sumber: The New York Times

Sumber Gambar: blackholezoo.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes