Google Enkripsi GMail untuk Menjauh dari Intaian NSA

.baboo.com.brBocornya aktivitas mata-mata NSA telah membuat banyak perubahan pada perusahaan teknologi, terutama terkait dengan data pengguna mereka. Kini setidaknya banyak perusahaan teknologi yang meninggikan pagar perlindungan data pengguna untuk menjauhi intaian NSA.

Salah satu perusahaan yang cukup tinggi kepeduliannya terhadap aktivitas NSA adalah Google. Raksasa mesin pencari ini beberapa hari yang lalu telah melakukan langkah antisipatif terhadap kemungkinan aktivitas NSA dengan melakukan enkripsi layanan email mereka, yaitu GMail.

Dalam sebuah postingan blog, Google menyatakan bahwa email pengguna merupakan sesuatu yang penting bagi pengguna dan memastikannya selalu aman penting bagi Google. Untuk itu Google ingin memastikan keamanan akun GMail dengan selalu menggunakan koneksi HTTPS dienkripsi ketika pengguna mengecek atau mengirim email.

Perubahan hari ini berarti bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mendengarkan pesan pengguna jika mereka mencoba bolak-balik antara pengguna dan server Gmail, tidak peduli jika pengguna menggunakan WiFi publik atau login dari komputer , telepon atau tablet. Ini artinya penerapan enskripsi ini HTTPS ini tidak hanya berlaku ketika pengguna membuka email via komputer, tetapi juga berlaku saat pengguna menggunakan WiFi publik, smartphone atau tablet.

Langkah Google ini merupakan peningkatan dari kebijakan di tahun 2010 yang lalu, di mana pengguna dapat memilih HTTPS sebagai pilihan default koneksi. Dengan pengumuman baru ini, semua pengguna kini hanya bisa menggunakan HTTPS, jadi tidak lagi menjadi pilihan, tetapi sudah di-default sebagai pilihan koneksi.

Langkah Google ini merupakan tanggapan atas pengungkapan aktivitas mata-mata NSA yang dibocorkan oleh Edaward Snowden. Dalam bocoran tersebut diungkapkan bahwa NSA  telah diam-diam memasuki link komunikasi utama yang menghubungkan data center Yahoo dan Google seluruh dunia. Alat utama NSA untuk mengeksploitasi link data Google dan Yahoo adalah sebuah proyek yang disebut MUSCULAR yang dioperasikan secara bersama dengan mitra NSA di  Inggris, yaitu Government Communications Headquarters (GCHQ).

 Sumber: rt.com, Google

Sumber Gambar: baboo.com.br


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes