iSmartKeeper Aplikasi Canggih di Kelas Korea Selatan

hometownsevier.comKemajuan smartphone sudah tidak terbantahkan. Bukan hanya kehidupan pengguna yang terus dipengaruhi, tetapi juga interaksi siswa di dalam kelas. Kini, sangat banyak siswa yang membawa smartphone ke dalam kelas sehingga sedikit banyaknya berpengaruh bagi pelaksanaan proses belajar-mengajar. Smartphone tersebut bisa saja menganggu konsentrasi siswa sehingga kemungkinan siswa tidak memahami apa yang diajarkan guru. Guru dan pihak sekolah juga tidak sepenuhnya bisa melarang siswa membawa smartphone ke sekolah karena berbagai pertimbangan.

Untuk mengatasi hal ini atau menekan gangguan yang terjadi di dalam kelas, Korea Selatan memiliki solusi yang tidak kalah canggih, yaitu dengan menggunakan aplikasi smartphone. Setelah uji coba dalam skala kecil, para pejabat Korea Selatan dilaporkan mulai menerapkan rencana untuk menginstal perangkat lunak manajemen remote pada smartphone siswa yang disebut iSmartKeeper. iSmartKeeper adalah sebuah aplikasi yang membatasi layanan apa dan aplikasi apa yang diakses oleh siswa. Dengan aplikasi iSmartKeeper yang terinstal di smartphone, guru memiliki kemampuan untuk mengunci ponsel ke dalam salah satu dari enam mode. Guru dapat memilih untuk mengunci semua ponsel di sekolah, memungkinkan panggilan darurat saja, hanya mengizinkan panggilan telepon, memungkinkan panggilan dan SMS, atau mematikan aplikasi yang spesifik. Idenya adalah untuk mencegah gangguan di kelas. iSmartKeeper juga dapat memungkinkan akses ke hanya satu aplikasi, memastikan bahwa aplikasi pendidikan masih dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar.

Pengaturan aplikasi iSmartKeeper bisa dijadwal sehingga guru bisa mengotomatisasi pengaturan, misalnya, memungkinkan akses hanya ke aplikasi pendidikan tertentu di kelas sementara mencegah pesan teks dan chatting, dan kemudian membuka ponsel sepenuhnya saat istirahat. Aplikasi ini juga dapat memanfaatkan GPS geofencing yang berfungsi  secara otomatis membatasi ponsel saat siswa mulai memasuki area sekolah. Selain  sebagai alat bagi guru, orang tua juga disediakan aplikasi yang dapat memblokir akses ke aplikasi tertentu secara permanenvatau alat penjadwalan yang sama untuk mencegah anak dari mengobrol ketika mereka seharusnya menyelesaikan pekerjaan rumah.

Tampaknya sebuah usaha yang sangat baik tengah dilakukan di Korea Selatan guna membatasi penggunaan smartphone secara sembarangan oleh siswa ketika mereka sedang belajar di sekolah.

Sumber: The Verge

Sumber Gambar: hometownsevier.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes