Google Enskripsi Pencarian Untuk Menghadang Pengintaian

wired.comGoogle dikabarkan melakukan enskripsi pencarian di China dalam upaya untuk mencegah pengintaian oleh lembaga negara dan hacker. Enkripsi yang dilakukan tersebut akan mencegah sensor dari pemerintah China ketika mendeteksi pengguna memasukkan istilah pencarian sensitif, seperti “Lapangan Tiananmen”, namun pemerintah China masih bisa memilih untuk memblokir mesin pencari secara keseluruhan.

Perlu diketahui, pada Oktober tahun lalu, dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden mengklaim bahwa US National Security Agency atau NSA telah melakukan hack terhadap link di antara data center yang dioperasikan oleh raksasa web, termasuk Google dan Yahoo.

Juru bicara Google mengatakan bahwa apa yang telah terjadi tersebut makin mendorong kebutuhan Google untuk memperkuat jaringan Google. Di antara banyak perbaikan yang dibuat Google dalam beberapa bulan terakhir adalah mengenkripsi Google Search secara default di seluruh dunia.

Hal ini merupakan kelanjutan proyek Google selama beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan jumlah layanan  yang dienkripsi secara default dan mendorong industri untuk mengadopsi standar keamanan yang lebih kuat.

Pengguna di sebagian besar negara semenjak tahun 2010 yang lalu telah bisa menikmati pencarian yang terenskripsi secara default, namun langkah yang diambil Google ini adalah pertama kalinya yang memungkinkan tindakan pengamanan secara default di Cina.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: wired.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes