Tim Berners-Lee Inginkan Magna Carta Online

abcnews.comIngat Tim Berners-Lee? Tentu saja. Tim Berners-Lee adalah inventor world wide web. Web yang berkembang sangat maju seperti sekarang ini adalah buah pemikiran Tim Berners-Lee.

World Wide Web saat ini semakin maju, namun Tim Berners-Lee tetap menginginkannya terbebas dari tangan-tangan yang hendak mengaturnya. Dalam memperingati 25 tahun kelahiran World Wide Web, Tim Berners-Lee percaya bahwa web membutuhkan Magna Carta online untuk melindungi dan mengabadikan kemerdekaan internet yang ia ciptakan dan hak-hak para penggunanya di seluruh dunia.

Prinsip privasi, kebebasan berbicara dan anonimitas bertanggung jawab akan dieksplorasi dalam skema Magna Carta.

Tim Berners-Lee mengatakan bahwa web telah mengalami serangan yang terus meningkat berupa pengaruh dari pemerintah dan perusahaan sehingga diperlukan aturan baru guna melindungi sistem terbuka dan netral internet.

Ide Magna Carta Online merupakan bagian dari inisiatif yang disebut the web we want yang mengajak masyarakat untuk membuat digital bill of rights di setiap negara yang berisi pernyataan prinsip yang diharapkan didukung oleh lembaga publik, pemerintah dan perusahaan.

Tim Berners-Lee juga mengkritisi kegiatan mata-mata yang dilakukan oleh NSA dan kemudian bocor ke publik berkat Edward Snowden. Ia mengatakan hak-hak pengguna web terus-menerus dilanggar dari setiap sisi dan bahayanya adalah bahwa pengguna web digunakan untuk melakukan hal tersebut .

Tim Berners-Lee  ingin menggunakan ulang tahun ke-25 world wide web untuk mengambil web/internet kembali ke tangan pengguna dan menentukan internet yang diinginkan pengguna selama 25 tahun ke depan.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: abcnews.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes