Komisi Eropa Serukan Perlindungan Data yang Lebih Kuat

medicaldatamanagementgroup.comSetelah bocornya kegiatan mata-mata yang dilakukan NSA dan GCHQ Inggris ke publik berkat Edward Snowden, Komisi Eropa melalui komisionernya, Neelie Kroes menyerukan kepada invidu dan bisnis agar memiliki lebih banyak kontrol dan kesadaran dalam hal privasi data dan keamanan.

Tindakan mata-mata yang dilakukan oleh NSA tersebut bisa dikategorikan sebagai a wake-up call, sebagai bel untuk membangunkan banyak pihak agar lebih memiliki kesadaran terhadap kontrol dan kesadaran terhadap privasi dan keamanan data.

Menurut Kroes, koneksi/hubungan antara demokrasi dan teknologi akibat adanya kegiatan mata-mata NSA/GCHQ tersebut menjadi terputus. Hal ini buruk bagi demokrasi dan buruk juga bagi teknologi. Untuk menyambungkan keduanya kembali tidaklah mudah.

Internet kini tidak lagi hanya menyangkut e-mail. Internet telah mengubah kehidupan manusia dan terkait dengan segala sesuatu yang dilakukan pengguna. Hal ini merupakan lompatan kepercayaan ke dunia yang baru. Untuk itu kehandalan dan kepercayaan merupakan prakondisi yang sangat penting. Ketika prakondisi tersebut tidak ditemukan karena adanya kasus mata-mata, kepercayaan terhadap (keamanan) internet tidak lagi diterima begitu saja.

Individu dan bisnis diminta untuk menyadari betapa pentingnya privasi dan keamanan data. Hal ini tidak saja menghindarkan dari kejadian serupa seperti kegiatan mata-mata oleh NSA, tetapi juga mengindarkan terkena  cyber attack yang cenderung terus meningkat setiap tahunnya.

Sumber: The Next Web

Sumber Gambar: medicaldatamanagementgroup.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes