NSA dan GCHQ Gunakan Aplikasi untuk Kegiatan Mata-mata

businessinsider.comBerita tentang kegiatan mata-mata NSA kembali ramai beberapa waktu yang lalu. Kali ini, NSA dan dan juga Government Communications Headquarters (GCHQ) Inggris diduga melakukan aksi mata-mata dengan dua cara yang berbeda. NSA melakukan kegiatan tersebut melalui aplikasi permainan yang terinstall di smartphone seperti Angry Birds, sedangkan GCHQ melalui aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, dan YouTube tanpa sepengetahuan perusahaan tersebut.

Beberapa dokumen yang dirilis oleh The New York Times, ProPublica dan The Guardian menunjukkan aplikasi permainan, pemetaan, dan media sosial merupakan tool yang umum digunakan untuk melakukan kegiatan memata-matai pengguna oleh NSA dan GCHQ.

Diperkirakan sebanyak 1 miliar pengguna smartphone memberikan NSA dan GCHQ data,  jumlah  yang sangat besar meliputi informasi lokasi pengguna, afiliasi politik dan ketertarikan seksual.

Ukuran dan ruang lingkup kegiatan ini tidak diketahui oleh publik, namun laporan menunjukkan bahwa intelijen AS dan Inggris dengan mudah mendapatkan akses rutin untuk data yang dihasilkan oleh aplikasi seperti game Angry Birds  atau layanan navigasi Google Maps.

Tampaknya kegiatan memata-matai pengguna yang pertama kali diungkap oleh Edward Snowden ini semakin luas dan tidak hanya melalui komputer yang tersambung ke internet, juga komputer yang sama sekali tidak tersambung ke internet dan kini meluas ke pengguna smartphone/tablet.

Sumber: The Guardian, New York Times

Sumber Gambar: nbcbayarea.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes