Pencurian Identitas Online Timbulkan Kerugian 3 Miliar Pound

id-protect.org

Pencurian identitas online sudah sangat jamak terjadi. Sangat banyak pengguna internet identitasnya dicuri kemudian diperjualbelikan di tempat lain untuk suatu kepentingan.

Survei Microsoft Consumer Safety Index sebagaimanan dikutip oleh The Telegraph melaporkan sekitar 5% warga Inggris telah menjadi korban online phishing scams yang menimbulkan kerugian rata-rata 100 pound per kejadian. Secara global kerugian yang ditimbulkan adalah sekitar 3 miliar pound per tahun.

5% warga Inggris yang mengalami pencurian identitas tersebut terdiri dari 3% yang identitasnya dicuri, sedangkan 2% lainnya mengatakan reputasi profesional mereka terkompromisasikan. Dalam kedua kejadian tersebut rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk mengatasinya adalah 100 pound.

Meskipun adanya pencurian identitas yang menimbulkan kerugian tersebut, hanya 34% yang mengatakan akan membatasi apa yang mereka bagi di media sosial hingga dapat dilihat orang lain, sedangkan 30% lainnya mengatakan akan memperbaiki pengaturan privasi di media sosial.

Untuk mengatasi pencurian identitas tersebut disarankan agar pengguna smartphone menggunakan PIN untuk mengunci smartphone mereka dan menggunakan password yang kuat guna melindungi akun online.

Juga sangat disarankan melakukan transaksi seperti perbankan online, membayar tagihan atau belanja melalui jaringan aman, jangan sekali-kali menggunakan WiFi publik. Selain itu, secara berkala meninjau informasi tentang diri sendiri yang diposting  secara online dan menghapus hal-hal yang dirasa cukup sensitif.

Sumber: The Telegraph
Sumber Gambar: id-protect.org


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes