5 Tips Keamanan Online Bagi Orangtua

Saat ini orang tua sangat sibuk. Sedemikian sibuknya dengan pekerjaan atau bisnis yang mereka lakukan, mereka tak sempat lagi mengecek apa kegiatan anak, terutama di internet.

Cobalah tanyakan ke diri anda sendiri. Pernahkah anda menanyakan situs apa yang anak anda buka? Pernahkah anda menanyakan foto apa saja yang mereka bagi? Lalu, pernahkah anda menelisik dengan siapa saja anak anda berteman di internet?

Pertanyaan sederhana tersebut membutuhkan jawaban yang tidak sederhana. Sangat banyak orang tua yang kerepotan untuk tetap menjaga anak mereka aman di internet. Bahkan sebenarnya kesadaran mengenai keamanan anak di internet masihlah sangat rendah pada orang tua. Kebanyakan orang tua, misalnya hanya tahu memberikan gadget, tanpa mau tahu risiko yang ditimbulkan gadget seperti smartphone atau tablet yang digunakan untuk online.

Untuk itu, orang tua sebelum benar-benar terlambat perlu membuka ranah diskusi dengan anak mengenai keamanan mereka di internet. Pertanyaannya bagaimana membuka diskusi dengan anak soal keamanan mereka di internet?

  1. Mulailah dengan menanyakan apa yang mereka lakukan ketika online. Game apa saja yang mereka mainkan. Temukan apa yang mereka lakukan dan situs apa yang mereka buka.
  2. Bukalah diskusi dengan anak mengenai teman-teman mereka di internet. Jelaskan apa yang bisa dibagi dengan teman dekat, apa yang bisa dibagi dengan publik. Tanamkan betapa pentingnya membatasi informasi pribadi.
  3. Diskusi dengan anak haruslah terbuka. Jangan ada kesan memaksa mengikuti suatu aturan yang sudah ditetapkan. Dengan demikian, nantinya anak akan terbuka terhadap apa yang mereka temui di internet.
  4. Berbagi pengalaman online dengan anak. Ceritakan pengalaman orang tua dan cara mengatasi suatu masalah yang timbul secara online agar mereka bisa belajar dari pengalaman tersebut.
  5. Beri penekanan terhadap sesuatu yang menurut orang tua sangat penting, misalnya membagi foto yang diambil melalui ponsel. Tekankan bahwa foto tersebut tidak boleh dibagi ke sembarang orang dan tidak boleh ada geo tagging di foto tersebut.

Selamat mempraktikkan!

Sumber: blogs.avg.com
Sumber Gambar: photos.pcpro.co.uk


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes