Kritik Pemerintah di MedSos, Denda 4.740 Dollar

change.or.idBerani melakukan kegiatan propaganda anti pemerintah di media sosial? Hati-hati mungkin anda bisa didenda 4.740 dollar AS atau bahkan lebih buruk, dimasukkan ke penjara.

Salah satu negara ASEAN, yaitu Vietnam baru-baru ini mengesahkan sebuah undang-undang yang memungkinkan pengenaan denda atau bahkan mungkin penjara bagi warga Vietnam yang melakukan kegiatan propaganda anti pemerintah di media sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube.

Undang-undang tersebut bisa mengenakan denda sebesar 4.740 dollar AS yang mana jumlah tersebut cukup besar bagi sebagian warga Vietnam. Selain denda, kemungkinan terburuk adalah dimasukkan ke penjara.

Dengan memberlakukan undang-undang ini, Vietnam mengikuti langkah beberapa negara lain yang juga sangat ketat dalam mengawasi kegiatan warga mereka  di media sosial, seperti Iran, China dan Arab Saudi.

Menurut laporan, pemerintah komunis Vietnam semakin memperketat kebebasan berbicara warga Vietnam selama beberapa tahun terakhir. Jumlah penangkapan terhadap pengkritik pemerintah jumlahnya telah meroket dalam empat tahun terakhir.

Dengan diberlakukannya undang-undang baru ini, mungkin saja jumlah penangkapan atau denda terhadap warga yang melakukan kritikan terhadap pemerintah komunis Vietnam akan meningkat secara signifikan.

Bagaimana dengan Indonesia? Sejauh ini undang-undang seperti yang ada di Vietnam ini belum ada. Namun, masyarakat tetap harus waspada karena masih berlakunya Pasal 27 Ayat 3 Undang-undang ITE..

Sumber: CNet
Sumber Gambar: change.or.id


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes