Bermaksud Cegah Hate Speech di YouTube, Google Justru Dipetisikan Penggunanya

ieverythingtech.com

Beberapa waktu yang lalu, Google memutuskan bahwa untuk bisa berkomentar di video YouTube pengguna harus memiliki akun di Google Plus. Keputusan Google ini didasari bahwa sangat banyak hate speech yang terjadi di komentar video YouTube. Selain itu, komentar tersebut banyak yang tidak terkait dengan video sehingga percakapan melebar ke mana-mana.

Dengan keharusan memilik akun Google Plus, tentu Google berharap komentar hate speech tersebut berkurang secara signifikan dan para penonton video fokus pada video. Sekaligus, Google tidak lagi mengakui komentar anonim yang selama ini sangat banyak di YouTube.

Namun keputusan Google tersebut ternyata banyak menuai protes. Tidak tanggung-tanggung, co-founder YouTube Jawed Karim mengungkapkan kekesalannya terhadap keputusan Google yang mengharuskan akun Google Plus untuk berkomentar di video YouTube. Jawed Karim tidak sendiri. Sebanyak lebih dari 95 ribu pengguna YouTube menandatangani sebuah petisi online di change.org meminta Google untuk mengembalikan model komentar sebelumnya.

Nah, bagaimana kira-kira hasil dari petisi online ini? Apakah berhasil memaksa Google untuk menerapkan kembali model komentar lama yang mengizinkan anonimitas? Bila dilihat secara kepentingan untuk media sosial Google Plus, sepertinya Google tidak akan merubah keputusannya.

Sumber: The Guardian


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes