8 Trik Privasi Online Sederhana

browser.iyogi.com

Masalah privasi tak banyak pengguna internet yang peduli. Padahal pengetahuan terhadap privasi merupakan langkah penting untuk melindungi pengguna dari berbagai masalah di belakang hari, misalnya pencurian identitas atau penipuan online. Untuk itu keberadaan tips privasi online yang sederhana diperlukan agar pengguna mau belajar dan tak perlu mengerutkan dahi untuk memahaminya.

Berikut ini beberapa trik privasi sederhana yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Trik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Gunakan Mode Incognito atau Private Browsing

Ketika anda melakukan pembayaran online atau menengok akun bank anda secara online, sebaiknya gunakan mode Incognito atau private browsing. Mode Incognito atau private browsing terdapat di hampir semua browser, seperti Chrome, Safari atau Firefox. Dengan menggunakan mode ini, informasi yang anda berikan tidak direkam oleh browser dan tidak disimpan di chache sehingga lebih aman.

2. Passcode Smartphone atau Komputer

Sejauh ini tidak semua pengguna yang memanfaatkan trik sederhana ini. Memberikan passcode di smartphone dan komputer sangat baik karena akan menghindarkan data anda diambil orang lain ketika smartphone atau komputer tersebut hilang.

3. Pasang Google Alert

Ingin tahu apa yang orang lain cari terhadap diri anda di web? Pasanglah Google Alert untuk mengetahui apa yang orang cari terkait dengan nama anda di internet. Dengan memasang Google Alert anda bisa mengetahui saat orang lain mencari nama anda di internet.

4. Logout dari Media Sosial

Setelah anda tidak lagi menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter atau Google Plus, lakukan Logout. Jangan sekali-kali hanya menutup tab tanpa Logout karena dengan hal itu akun anda bisa digunakan orang lain.

5. Cek Security Setting Media Sosial

Media sosial, terutama Facebook sering mengubah kebijakan privasinya yang berefek kepada akun anda. Untuk itu, sekali sebulan periksa kembali pengaturan keamanan akun anda. Cek juga pengaturan privasi setelah media sosial merilis fitur baru yang tanpa anda ketahui berakibat makin terbukanya akun anda di media sosial tersebut.

6. Gunakan Two Step Authentication

Google, Twitter, Apple dan Microsoft menggunakan fitur Two Step Authentication untuk menghindari mudahnya akun pengguna dimasuki oleh hacker. Oleh karenanya, manfaatkan fitur ini agar akun anda terlindungi lebih baik.

7. Gunakan Password Kompleks

Jangan gunakan password 1234567 atau abcdefgh untuk layanan online. Gunakanlah password yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol yang dikombinasi dengan baik sehingga tidak mudah ditebak.

8. Bersihkan Browser History

Sebaiknya setiap selesai menggunakan internet, bersihkan browser history agar tidak ada informasi mengenai kegiatan anda di internet yang tertinggal di komputer. Ini langkah penting agar privasi anda lebih terjaga.

Sumber: Disarikan dari Business Insider

Sumber Gambar:  browser.iyogi.com

 


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes