4 Cara Agar Password Bisa Melindungi Lebih Baik

DigitalTrends

Akun yang dibobol bukan lagi kejadian aneh. Setiap hari kita mendengar ada layanan atau akun pengguna internet yang dibobol oleh hacker. Satu alasan penting mengapa hal tersebut terus terjadi adalah password yang sangat mudah ditebak.

Password merupakan pelindung paling depan terhadap akun seseorang. Dengan menggunakan password, akun pengguna tidak mudah dibobol. Namun kecenderungannya adalah pengguna sering menggunakan password yang lemah sehingga meskipun sudah menggunakan password, tetap bisa dibobol.

Berikut ini, terdapat  4 cara agar password bisa melindungi akun pengguna lebih baik. Cara ini sebaiknya segera anda laksanakan agar akun anda lebih aman.

1. Gunakan Password yang Berbeda untuk Layanan yang Berbeda

Hacker biasanya menggunakan password dan username dari layanan yang sebelumnya sudah mereka bobol. Untuk menghindari pembobolan lebih jauh, gunakan password yang berbeda untuk layanan yang berbeda. Misalnya, untuk Facebook passwordnya berbeda dengan Twitter dan Google. Demikian juga jika anda sering bertransaksi melalui eBay. Jangan gunakan password yang sebelumnya telah anda pakai di layanan lain karena akan mempermudah pembobolan akun anda.

2. Buat Password yang Sulit untuk Ditebak

Password tidak pernah dibatasi. Artinya anda bisa sekreatif mungkin membuat password sehingga sulit untuk ditebak. Biasanya password yang kuat terdiri dari kombinasi angka, huruf dan simbol yang jumlahnya lebih dari 8 karakter. Namun perlu diingat, password yang kuat sering sulit untuk mengingatnya. Untuk itu sebelum menentukan password pikirkanlah sebuah frase yang terdiri dari huruf, angka dan simbol yang bisa anda ingat dengan sangat jelas dan sulit sekali bagi orang lain untuk menebaknya.

3. Simpan Password di Suatu Tempat yang Sangat Aman

Seperti yang dijelaskan di atas, password yang kuat sulit untuk diiingat. Apalagi untuk beberapa layanan yang berbeda, anda menggunakan password yang berbeda dan kuat untuk setiap layanan. Untuk itu, anda perlu mencatat password setiap layanan tersebut di suatu tempat, di mana hanya anda yang mengetahui tempatnya.

4. Atur Opsi Pemulihan

Bagaimana kalau anda lupa password? Kejadian seperti ini cukup sering terjadi sehingga mendorong banyak pengguna membuat password yang terlalu mudah ditebak, misalnya 12345678 atau nama dan tanggal lahir. Agar anda bisa memulihkan password yang lupa tersebut, aturlah opsi pemulihan password, misalnya dengan membuat e-mail alternatif atau mendaftarkan nomor ponsel anda sehingga ketika anda lupa password, layanan tersebut akan mengirimkannya kepada anda.

Selamat mencoba!

Sumber: Google

 


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes