Cara Tepat Menghindari Pencurian Identitas (Bagian Kedua)

clearpointcreditcounselingsolutions

Pada bagian pertama telah dibahas tujuh cara menghindari pencurian identitas online. Berikut merupakan bagian kedua yang terdiri dari lima langkah.

Pencurian identitas merupakan hal yang jamak terjadi di internet. Ada beberapa sebab mengapa hal tersebut terjadi. Namun yang paling penting adalah pengguna yang tidak hati-hati dalam menjaga identitas mereka di internet. Agar bisa lebih menjaga identitas di internet, ikuti cara-cara berikut ini.

1. Miliki beberapa alamat email

Memiliki alamat email tidak ada batasan. Untuk itu, sangat dianjurkan agar anda memiliki lebih dari satu alamat email. Misalnya, satu alamat email untuk bank, satu alamat email untuk media sosial, satu alamat email untuk berbelanja online dan lainnya. Cara ini merupakan cara ampuh agar bila satu alamat email anda dicuri anda masih punya beberapa alamat email lainnya.

2. Jangan taruh informasi kartu kredit di situs

Jika ada situs yang meminta data detail kartu kredit anda, jangan serahkan. Biasanya hanya beberapa angka saja dari kartu kredit yang dibutuhkan jika anda melakukan transaksi online. Nah jika meminta lebih dari itu, lebih baik anda tidak berbelanja.

3. Kunci Akun Facebook Anda

Banyak pengguna Facebook yang tidak mengerti bagaimana cara melindungi diri mereka dari pencurian identitas atau akun. Terlebih lagi, Facebook sering melakukan re-design situsny, seperti penggantian Timeline. Penting bagi anda untuk memonitor akun Facebook. Lakukan lock down pada “Who Can See My Stuff” dengan memilih Friends. Ini artinya hanya teman-teman anda saja yang bisa melihat anda di Facebook.

4. Kunci smartphone atau tablet

Banyak pengguna smartphone yang tidak mengunci smartphone atau tablet mereka. Hal ini sangat berbahaya bila smartphone atau tablet tersebut hilang atau dicuri. Untuk itu kuncilah smartphone atau tablet anda dengan pengamanan berupa password sehingga ketika hilang atau dicuri tidak dapat digunakan.

5. Lakukan Two step verification

Beberapa situs menganut two step verification, seperti Google. Jika ada situs lain yang memiliki fitur ini, sebaiknya anda mengikuti saran untuk melakukan two step verification. Tujuannya tidak lain agar akun anda tidak mudah dibobol.

 


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes