Cara Tepat Menghindari Pencurian Identitas (Bagian Pertama)

idprotect

Serangan Hacker ke berbagai situs beberapa waktu terakhir terus meningkat. Twitter, Facebook, Apple merupakan perusahaan yang diserang hacker tersebut. Meningkatnya serangan hacker ini mengkhawatirkan pengguna karena data-data mereka ada di perusahaan tersebut. Tentu saja bila diserang hacker, data pribadi pengguna akan diketahui dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Untuk menghindari serangan hacker tersebut, perlu berbagai usaha dari pengguna. Berikut ini beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menghindari terjadinya pencurian identitas tersebut.

1. Jangan pernah mengklik link yang tidak anda harapkan. Pencuri indentitas di internet biasanya mengirimkan link atau attachment yang perlu diklik atau dibuka. Jika anda tidak pernah mengharapkan sebuah link dan mendapat link atau attachment dari orang yang tidak dikenal, jangan diklik atau dibuka attachment tersebut.

2. Gunakan password yang berbeda untuk situs/layanan yang berbeda. Mudahnya pencurian identitas juga disebabkan oleh pengguna yang tidak mau repot menggunakan bermacam-macam password. Untuk itu, gunakan password yang berbeda jika anda menggunakan layanan yang berbeda.

3. Jangan gunakan kembali password email Anda. Password email merupakan hal yang sangat berharga. Jika sering anda gunakan di layanan yang lain, kemunkinan data pribadi anda lebih mudah dibuka hacker.

4. Berbelanja di situs yang aman. Situs yang aman biasanya menggunakan https dan ada stiker tanda keamanan jika anda bertransaksi di sana. Jika dua hal tersebut tidak ditemukan, gagalkan niat anda untuk berbelanja.

5. Jika ragu, blok saja. Di media sosial banyak sekali permintaan pertemanan dari orang yang tidak anda kenal. Jika anda meragukan identitasnya, jangan diterima permintaan pertemanannya.

6. Pikir sebelum tweet dan apa yang anda bagikan. Jangan pernah men-tweet data-data pribadi seperti rekening bank. Anda tidak akan pernah tahu dan tidak bisa mengontrol data yang telah anda tweet tersebut.

7. Gunakan fitur penghapus data secara remote. Fitur wipe your phone atau find my phone yang ada di smartphone seharusnya anda manfaatkan agar ketika smartphone anda hilang, data anda bisa terhapus secara otomatis.

Bersambung.

Sumber: guardian.co.uk


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes