7 Manfaat Video Games untuk Anak-anak

video

[Internet Sehat]    Di balik semua efek buruk video games bagi anak-anak, ternyata video games juga bermanfaat bagi mereka. Tentu saja, selama anak-anak memainkan genre yang pas dengan umurnya, dan tidak terlalu lama menghabiskan waktu tenggelam di dalamnya.

Ada 7 imbas positif dari bermain video games untuk anak-anak. Apa saja itu?

1. Belajar menyelesaikan masalah

Anak-anak diajak untuk menghadapi masalah dalam suatu permainan. Di situ mereka mau tak mau harus berpikir bagaimana mencari solusi dari sebuah problem. Ini memicu mereka berpikir logis untuk mengolah data.

2. Belajar bersosialisasi

Ada banyak permainan yang melibatkan tim. Terutama video games online. Di sini anak-anak belajar bersosialisasi, bekerja dalam tim, atau berkompetisi. Mengajarkan anak untuk bergaul dengan teman yang tidak selalu sama usianya.

3. Belajar meraih sesuatu dengan baik

Video games membuat anak terdorong untuk terus berusaha meraih sesuatu demi mendapatkan reward. Tentu saja harus dilakukan dengan baik, yaitu tidak curang, tidak lekas putus asa. Anak-anak belajar untuk memahami bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus dengan usaha.

4. Belajar berpikir strategis

Permainan jenis strategi akan mendorong anak untuk terbiasa berpikir secara trategis. Hal ini tidak selalu hadir di kehidupan sehari-hari.

5. Belajar team work

Banyak permainan yangh harus dimainkan secara tim atau bekerjasama. Anak-anak akan mulai memahami bahwa kerjasama itu dibutuhkan di suatu kondisi.

6. Meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan

Kecepatan respon antara mata dan tangan sangat dibutuhkan di beberapa jenis games. Sistem koordinasi antara mata dengan tangan akan membaik dengan cara ini.

7. Interaksi antar anggota keluarga

Anggota keluarga yang sama-sama sibuk bisa disatukan dengan video games. Di saat libur atau jam-jam kumpul keluarga, akan lebih baik bermain video games bersama daripada sibuk dengan urusan masing-masing.

 

[Internet Sehat]

 

Sumber artikel: TheOnlineMom / Sumber gambar: TheOnlineMom

 

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes