73% Guru Di Amerika Pakai Smartphone untuk Mengajar

class

[Internet Sehat]   Perangkat mobile ternyata makin banyak dilibatkan dalam kegiatan berlajar mengajar.  Sebanyak 73% guru SMP dan SMA di Amerika Serikat sudah menggunakan smartphone dalam membantu aktivitas belajar. Menurut para guru, smartphone bisa melengkapi komunikasi antar siswa dan guru yang belum tuntas saat pertemuan di kelas.

Demikian hasil studi yang dilakukan Pew Research Center’s Internet and American Life Project belum lama ini. Menurut para pengajar, internet cukup berpengaruh besar pada kemampuan mereka mengakses konten sebagai sumber materi mengajar. Kelamaan para guru terlatih untuk menjadi user internet dan gadget yang cukup mumpuni. Bahkan hampir setengah dari responden mengaku telah menggunakan e-reader dan tablet PC dalam aktivitas mengajar.

Para pengajar juga mau tak mau dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sebanyak 58% orang dewasa yang berprofesi sebagai pengajar telah memiliki smartphone. Sementara usia dewasa yang bukan pengajar hanya 48%.

Pengajar juga dituntut untuk komunikatif dengan siswanya. Dan ini membuat mereka harus mengikuti kebiasaan siswa yang suka terkoneksi ke social media melalui smartphone dan perangkat mobile lain. Jika sebelumnya interaksi antara siswa dan guru hanya sebatas di dalam kelas, maka kini bisa dimana saja dan kapan saja. Sebesar 64% responden pengajar  mengaku cukup percaya diri dengan teknologi baru. Sebagian besar dari mereka senang mengakses situs yang dapat memperkaya materi pelajaran, seperti Google danWikipedia.

Wah semakin canggih saja ya guru-guru masa kini. Bagaimana di Indonesia? Ayo para guru di Indonesia juga jangan mau ketinggalan, agar muridnya kelak lebih canggih lagi. [Internet Sehat] 

Sumber artikel: mashable / Sumber gambar: mashable

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes