74% Guru Klaim Siswa Semangat Belajar Berkat Teknologi

class

[Internet Sehat] Teknologi telah mengubah aktivitas belajar mengajar. Sebanyak 74% guru menganggap bahwa tablet PC dan komputer telah membangkitkan motivasi belajar siswa. Sementara 69% pengajar mengaku teknologi edukasi membantu proses belajar mengajar jauh lebih baik dari sebelumnya.

Para siswa jadi lebih tertarik mengikuti pelajaran didukung dengan games interaktif online. Sebesar 65% guru mengklaim, mereka lebih mudah mendemonstrasikan sesuatu dengan bantuan teknologi.

Demikian menurut survei yang dilakukan PBS Learning Media, yang melibatkan guru kelas 12 di Amerika Serikat.

Bagaimana para guru memanfaatkan teknologi dalam mengajar? Sebesar 48% melakukan perencanaan studi secara online dengan siswanya. Cara mengadakan games interaktif online dipilih oleh 45% guru peserta survei. Sementara 44% memanfaatkan web sebagai perluasan belajar di luar kelas. Dan 43% guru memakai video dan artikel online untuk membuat siswa tertarik.

Tablet PC dan ebook reader ternyata menjadi perangkat yang cukup membantu juga di kelas. Penggunaan perangkat ini mengalami peningkatan 20% dalam proses belajar mengajar.

Tapi PC alias personal computer tetap jadi perangkat yang paling banyak dipakai di kelas, yakni 90%.  Whiteboard sendiri masih tetap digunakan oleh 59% pengajar. Smartphone juga dipakai untuk mendukung pembelajaran sebesar 36%. Sedangkan tablet PC dan e-reader menduduki 35%.

[Internet Sehat]

Sumber artikel: Mashable / Sumber gambar: indiatime.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes