1. Kompetisi ini berlaku hanya untuk komunitas blogger lokal (dengan platform online apapun) yang telah terbentuk dan aktif minimal dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir serta harus dapat dibuktikan keaktifannya dengan memberikan beberapa link/url dari blog komunitas masing-masing berisi artikel/foto/video tentang kegiatan yang terkait dan relevan.
  2. Yang dimaksud dengan komunitas blogger di sini misalnya komunitas blogger berdasarkan lokasi geografis (contoh: komunitas blogger kota A), berdasarkan hobi/profesi (contoh: komunitas blogger penggemar kegiatan B / profesi B), berdasarkan ikatan institusi tertentu (contoh: komunitas blogger universitas C), ataupun komunitas blogger berdasarkan hal-hal spesifik/unik lainnya.
  3. Video yang dikompetisikan harus orisinil serta tidak boleh berupa video yang pernah dipublikasikan atau diikutkan pada kompetisi lain sebelumnya
  4. Buatlah rekaman video sesuai dengan tema  besar “kebebasan berekspresi” dengan durasi minimal 2 (dua) menit, maksimal 4 (empat) menit
  5. Isi video harus merupakan kampanye/edukasi untuk memberikan pemahaman kepada para penonton tentang “mengapa kebebasan berekspresi perlu kita jaga dan kembangkan di Indonesia”. Bentuknya bisa berupa seni drama, komedi, ironi, satir, animasi, dokumenter, reka-ulang, kritik atas praktek/pembatasan kebebasan berekspresi, wawancara dll.
  6. Apa yang dimaksud dengan “kebebasan berekspresi“? Silakan baca-baca artikel tentang kebebasan berekspresi dahulu.
  7. Bebas menggunakan kamera apapun, apakah itu kamera profesional, prosumer, pocket, ponsel, dll, yang penting hasilnya masih cukup nyaman untuk ditonton di laptop/PC
  8. Video kemudian di upload ke YouTube dengan judul bebas. Jangan lupa berikan tag “ekspresibebas” (tanpa spasi) di YouTube.
  9. Untuk menjaga orisinalitas, video yang di upload ke YouTube boleh disetting “private” terlebih dahulu, tetapi segera setelah masa pendaftaran usai maka video tersebut HARUS disetting menjadi “public“.
  10. Setelah di upload, segera daftarkan video Anda tersebut dengan mengisi formulir online yang ada di http://ictwatch.com/video/formulir-kompetisi
  11. Batas waktu pendaftaran adalah pada 7 Januari 2012, pukul 12.00 WIB.
  12. Jika sulit upload karena keterbasan bandwidth, silakan kirimkan saja videonya ke alamat “Rumah #internetsehat Tebet” dalam bentuk CD di dalam hardcase. Kiriman harus sudah kami terima selambatnya 14 Januari 2012.
  13. Keberangkatan ke Singapura (bagi kelompok pemenang 1 dan 2) dijadwalkan tanggal 1 Februari 2012 dan kembali ke Indonesia pada tanggal 3 Februari 2012
  14. Pemenang harus sudah memiliki paspor sebelum tanggal keberangkatan ke Singapura dan diurus sendiri oleh masing-masing pemenang. Tidak ada penggantian biaya (kompensasi) apapun jika terjadi pembatalan keberangkatan karena hal yang diakibatkan dari pihak peserta.
  15. Tiap komunitas boleh mengirimkan maksimal 3 (tiga) video untuk dikompetisikan.
  16. Video yang dikompetisikan harus menggunakan lisensi Creative Commons (boleh digunakan, digandakan dan didistribusikan oleh siapapun tanpa harus meminta ijin dan/atau dikenakan biaya apapun, sepanjang tidak untuk kepentingan komersial dan harus tetap menyebutkan sumber/pemilik karya tersebut)
  17. Video yang disertakan harus masuk ke dalam kategori ditujukan untuk penonton segala umur. Isi video tidak boleh mengandung unsur kekerasan, pornografi, SARA, politik, propaganda, dan kegiatan melawan hukum yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
  18. Seluruh penggunaan property, talent dan materi lainnnya yang ada di dalam video merupakan tanggung jawab pembuat/pemilik video.
  19. Peserta kompetisi menyatakan seluruh video yang di-upload adalah milik pribadi atau kelompoknya serta membebaskan pihak penyelenggara kompetisi dan pendukungnya dari segala tuntutan terkait dengan isi video yang dikompetisikan.
  20. Keputusan juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat dengan alasan apapun dan tidak ada korespondensi apapun mengenai keputusan tersebut.
  21. Kompetisi tidak berlaku bagi tim/karyawan/staf dari ICT Watch, blogDetik, Ford Foundation dan Google.
  22. Kompetisi ini tidak dipungut biaya apapun, tidak ada vote melalui SMS apalagi permintaan bantuan pulsa mama!
  23. Jika perlu ada syarat tambahan dan/atau perlu ada syarat yang dikoreksi dalam kompetisi, maka sewaktu-waktu bisa ditambahkan/dikoreksi oleh panitia.

-

[Panitia]

 

 

 

 

Comments

12 Comments to “a. Syarat”

  1. Tongkonanku says:

    Ayo teman2 KBJ (komunitas blogger Jogja) ikut kontes ini yuukk… :)

  2. a! says:

    jadi, ini pendaftaran videonya dg mengunggah video tersebut ya? kenapa tidak dg mengirimkannya saja dulu ke panitia?

    kalau harus diunggah dulu, rasanya kok dg mudah bisa ditiru idenya oleh tim lain. padahal, bukankah orisinalitas dan angle video itu unsur penting dalam penilaian?

    mohon dipertimbangkan agar video tersebut bisa dikirim lewat email atau CD/DVD saja dulu. baru kemudian bisa dishare kalau sudah lewat batas pengiriman.

    piss!

    • ictwatch says:

      tks atas sarannya. video tetap harus di-upload ke youtube, agar mudah diakses dimanapun oleh juri yg tersebar secara geografis.

      ada solusi agar video yg di-upload tidak ditiru oleh tim lain. yaitu dgn mensettingnya menjadi “private” terlebih dahulu. tetapi setelah masa pendaftaran usai, video tersebut harus disetting menjadi “public”

      demikian, mudah2an bermanfaat.

  3. ibnufajar75 says:

    Mudah2 kompetisi ini menambah tali bersaudaraan sesama komunitas bologger di Indonesia…

  4. Ujie Caprone says:

    nah gw setuju dgn komentar ‘a!’.
    Ide itu penting dan mahal, jadi ada baiknya video dikirim via email saja. Krn ukuran video maksimal durasi 4 menit itu palingan gak sampai 10mb. Jd ada baiknya pengiriman tertutup agar ide gak bisa ditiru.

    • ictwatch says:

      tks atas sarannya. video tetap harus di-upload ke youtube, agar mudah diakses dimanapun oleh juri yg tersebar secara geografis.

      ada solusi agar video yg di-upload tidak ditiru oleh tim lain. yaitu dgn mensettingnya menjadi “private” terlebih dahulu. tetapi setelah masa pendaftaran usai, video tersebut harus disetting menjadi “public”

  5. Chaa says:

    gimana utk yg belum bergabung dg komunitas blogger nya Mas ?
    utk yg perorangan bisa ikut gak ?

  6. uzanc says:

    Komunitas Blogger Benteng Cisadane (KBBC) dan Code Security Dari Tangerang Siap…!!

  7. azysforever says:

    Blogger Jogja Siap..!!! videonya spesial, spesial dari wong ngayogyakarta.. di tunggu wae yo..

  8. muslim says:

    Sepertinya menarik untuk diikuti.
    Ikutan aah

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>