4 Tipe Teman Anda di Facebook

telegraph.co.uk

Facebook telah menjadi pelabuhan banyak orang untuk saling berinteraksi satu sama lain. Dengan sistem yang ada di Facebook, satu pengguna dapat berkomunikasi melaui update status dan saling memberikan komentar meskipun pada dasarnya mungkin mereka tidak saling mengenal satu sama lain. Namun Facebook (dan internet) pada umumnya memungkinkan interaksi tersebut terjadi.

Di antara teman Facebook Anda tersebut ada yang benar-benar anda kenal di dunia nyata dan ada yang hanya dikenal melalui Facebook. Pada dasarnya newsfeed Anda di Facebook diisi oleh dua jenis ini, yaitu orang yang anda kenal secara langsung dan berinteraksi dengan mereka di dunia nyata serta mereka yang hanya anda kenal di Facebook.

Dua kelompok teman yang menghiasi newsfeed tersebut dapat dibagi menjadi 4 tipe yang mungkin sering luput anda perhatikan. Empat tipe teman di Facebook tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teman yang Membuat Hidup Mereka Terlihat Lebih Baik daripada yang Sebenarnya

Bisa dikatakan sangat banyak teman anda yang masuk tipe ini. Tipe ini membuat hidup mereka seolah-olah lebih baik daripada kondisi sebenarnya dengan berbagai cara. Melalui jejalan foto di Instagram atau update status sedang berada di suatu tempat atau acara yang mewah atau bahkan bertemu dengan seorang superstar. Padahal kondisi sebenarnya bertolak belakang. Hal ini dimungkinkan karena sebagian pengguna media sosial cenderung memanipulasi kondisi yang ada.

2. Teman yang Menceritakan Soal Pribadi secara Detail

Coba perhatikan di antara teman anda di Facebook ada yang sangat sering bahkan setiap update statusnya bercerita tentang masalah-masalah pribadi yang dialaminya secara detail. Ada yang dalam perang memperebutkan hak asuh terhadap anaknya, ada yang menceritakan pertengkaran dengan pasangan, ada juga yang menceritakan betapa menumpuknya cucian dan pakaian yang harus diseterika.

3. Tertutup di Dunia Nyata, Terbuka di Facebook

Ada di antara teman anda di dunia nyata, apakah itu rekan kerja, kerabat atau bahkan pacar yang canggung atau cenderung tertutup di dunia nyata, namun ketika di Facebook sangat terbuka. Segala sesuatu yang ia ketahui, ia posting di Facebook, entah itu soal film, musik, atau perjalanan liburannya, lengkap dengan detail-detail seperti waktu, hari dan tanggalnya. Ia juga memposting rencana-rencana yang akan dilakukannya untuk beberapa waktu ke depan sehingga anda pun akan heran karena di dunia nyata ia begitu tertutup.

4. Si Penguntit Diam-diam

Ada teman yang mungkin anda pikir tidak pernah login ke Facebook. Ia tidak pernah hadir di newsfeed anda untuk berkomentar atau memberikan LIKE. Gambar profilnya mungkin dirinya sendiri atau foto lain. Anda mengira bahwa ia tidak hadir di Facebook karena memang tidak tampak di newsfeed anda.

Padahal teman jenis ini adalah teman yang paling tuned dengan postingan anda. Ia tahu di restoran mana Anda berada di Sabtu lalu, ia tahu teman-teman anda bahkan apa pun yang anda lakukan. Anda tidak akan menemukan teman jenis ini di newsfeed, tetapi dia melihat Anda. Teman ini adalah apa yang disebut penguntit diam. Dia memiliki akun Facebook semata-mata untuk mengawasi orang lain, tidak untuk berbagi apa-apa tentang dirinya.

Sumber: diadaptasi dari huffingtonpost.com/tech/

Sumber Gambartelegraph.co.uk


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes