Peretas Inginkan Uang Tebusan 30 Ribu Euro

socialmediaweek.org

Ulah peretas ada-ada saja. Peretas baru-baru ini menyusup ke server sebuah restoran pizza, yaitu Domino’s Pizza di Prancis dan Belgia dan berhasil mendownload sekitar 600.000 informasi tentang pelanggan restoran tersebut.

Informasi pelanggan tersebut terdiri dari  nama pelanggan, alamat, nomor telepon, alamat email, password dan instruksi pengiriman, serta topping pizza favorit mereka. Peretas yang berhasil mengambil data tersebut mengaku bernama  sebuah organisasi peretas yang dikenal sebagai Rex Mundi.

Setelah meretas server Domino’s Pizza tersebut, peretas menginginkan uang tebusan sebesar 30 ribu Euro dan harus diserahkan dalam waktu yang mereka tentukan. Jika permintaan mereka tidak dipenuhi, data-data pelanggan Domino’s Pizza tersebut akan disebar di internet.

Rex Mundi mengatakan bahwa mereka telah memberitahu Domino’s Pizza pada tanggal 10 Juni yang lalu. Namun butuh empat hari bagi Domino’s Pizza untuk memberitahu pelanggan mereka dan sampai sekarang tuntutan peretas tersebut belum dipenuhi.

Andre ten Wolf, CEO Domino’s Pizza mengatakan bahwa tuntutan uang tebusan dari para peretas tersebut tidak akan dibayar dan ia telah mengadukan kejadian ke pengadilan di Paris. Ia juga berkeyakinan bahwa informasi keuangan dan kartu kredit pelanggan belum dicuri.

Serangan terhadap Domino’s Pizza ini merupakan serangkaian serangan yang dilakukan oleh Rex Mundi terhadap perusahaan besar dengan tujuan memeras atau meminta uang. Pada tahun 2012 yang lalu, Rex Mundi berhasil mencuri rincian aplikasi pengajuan kredit dari perusahaan kredit di Amerika Serikat, yaitu AmeriCash Advance.

Pada awal rahun 2o14 ini, Rex Mundi juga berhasik merusak sistem perusahaan hosting Bergia bernama Alfa Hosting dan membeberkan nama-nama dari 12.000 pelanggan perusahaan tersebut.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: socialmediaweek.org

Tags: ,

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes