Perang Net Neutrality Mampir di Ponsel?

dailytech.com

Meningkatnya penggunaan mobile internet membuat regulator di AS mempertimbangkan apakah akan menerapkan aturan yang sama untuk lalu lintas internet tetap dan nirkabel, terkait dengan adanya net neutrality. Kemungkinan FCC di AS menginginkan apa yang mereka usulkan untuk aturan yang terkait dengan net neutrality diterapkan sama pada mobile internet.

Seperti kita ketahui, beberapa waktu yang lalu FCC (Federal Communications Commission) menulis ulang apa yang disebut sebagai net neutrality untuk memastikan ISP untuk tidak memblokir secara tidak adil atau memperlambat akses pengguna ke konten web, setelah versi yang mereka tulis pada tahun 2010 yang lalu ditolak oleh pengadilan banding. Sebagai bagian dari upaya tersebut, FCC meminta komentar apakah perlu pandangan baru dalam hal net neutrality terkait perbedaan antara jaringan nirkabel dengan wireline.

Pada satu sisi, yaitu sisi konsumen telah lama menganjurkan aturan anti blocking dan anti diskriminasiyang ketat untuk lalu lintas mobile web. Tahun ini, kelompok konsumen memiliki sekutu yang kuat, yaitu perusahaan-perusahaan internet seperti Google dan Facebook yang melihat ponsel sebagai platform yang semakin populer.

Garis batas antara fixed internet dengan broadband internet kini semakin kabur karena operator selular terus mengembangkan bisnis fixed broadband mereka sendiri dan menggunakan Wi-Fi untuk offload lalu lintas data nirkabel, dan penyedia kabel broadband membuat hotspot Wi-Fi untuk pelanggan mereka.

Berdasarkan aturan 2010, penyedia layanan internet, baik tetap maupun nirkabel dilarang memblokir akses pengguna ke situs-situs legal dengan pengecualian untuk manajemen jaringan yang wajar. Selain itu, operator berkabel juga tidak bisa memblokir pengajuan hukum atau diskriminasi yang tidak masuk akal terhadap lalu lintas web atau aplikasi, sedangkan penyedia layanan nirkabel hanya dilarang memblokir aplikasi yang bersaing dengan layanan panggilan mereka sendiri atau layanan panggilan video.

Menurut operator nirkabel adalah tidak bijak untuk menghambat kebebasan pelanggan mereka untuk menjelajah web dan bahwa peraturan yang lebih ketat akan menyakiti bagaimana mereka dalam mengelola jaringan dinamis yang menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat untuk semua orang.

Sumber: huffingtonpost.com/tech

Sumber Gambar: dailytech.com

 

 

 


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes