Awas Cyber Attack di Piala Dunia 2014

mlssoccer.com

Piala Dunia 2014 sangat menyenangkan berbagai pihak, tidak terkecuali penjahat dunia maya atau penjahat cyber. Bagi mereka Piala Dunia 2014 adalah badai yang sempurna untuk peluang melakukan penipuan online. Hal tersebut berarti masalah bagi pengguna internet dan bisnis yang pendapatannya bergantung pada turnamen tersebut dan harus menjadi peringatan untuk berhati-hati terhadap aktivitas online yang berhubungan dengan sepak bola.

Terkait dengan hal tersebut, pengguna internet dan bisnis perlu memperhatikan beberapa serangan yang mungkin terkait dengan Piala Dunia 2014, yaitu sebagai berikut.

1. email Phishing dan Situs Scam

Ancaman paling umum Piala Dunia ini datang dalam bentuk serangan phishing. Phishing dikirim melalui email dan sosial media menjanjikan segala macam konten menarik, dari tiket, merchandise, rekaman highlights atau pemain berperilaku buruk. Jika pengguna mengklik link dalam pesan phishing dapat menempatkan pengguna pada risiko infeksi atau pencurian identitas. Korban diarahkan ke situs web yang menjeratnya dalam mengungkapkan informasi pribadi atau men-download dan menginstal perangkat lunak berbahaya.

Sebuah scam umumnya akan menyajikan pengguna  update perangkat lunak yang diperlukan  untuk memutar video. Namun pembaruan yang hanya malware yang menyamar. Saran terbaik adalah dengan menggunakan akal sehat sederhana.  Jika Anda mendapatkan email yang tidak diminta dengan lampiran yang mencurigakan, jangan dibuka. Jangan memasukkan informasi pribadi ke dalam website jika Anda tidak yakin siapa yang mengoperasikannya dan jangan percaya dengan tawaran sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

2. Pemanfaatan Popularitas Cristiano Ronaldo

Perusahaan keamanan milik  Intel McAfee baru-baru ini menyatakan bahwa untuk Piala Dunia tahun 2014, Cristiano Ronaldo merupakan pesepak bola yang paling berisiko di dunia untuk pencarian  online. Sangat banyak situs yang menawarkan download screensaver dan video bintang Real Madrid tersebut, tetapi sebenarnya di dalamnya terdapat bahaya yang mengintai.

Menurut McAfee, saat ini, mencari konten Ronaldo terbaru membawa kesempatan lebih dari 3,76% mendarat di sebuah website yang menyajikan beberapa jenis bahaya, apakah itu malware atau iklan agresif yang mengakses data dari komputer pengguna. Jadi, jika ada situs yang menawarkan segala sesuatu tentang Ronaldo yang anda tidak yakin benar keamanannya, jangan dikunjungi.

3. Serangan terhadap Bisnis di Piala Dunia

Bagi perusahaan yang mengandalkan Piala Dunia untuk bisnis, saat ini adalah waktu yang penuh  bahaya. Bagaimana jika situs resmi Piala Dunia mengalami down sehingga tidak ada yang dapat memeriksa hasil pertandingan? Atau website merchandise berhenti memberikan layanan  yang berarti pembeli tidak dapat membeli kit dan penjual kehilangan peluang pendapatan yang signifikan.

Para pengunjuk rasa juga dapat menimbulkan masalah untuk bisnis. Kelompok hacktivist Anonymous mengatakan pihaknya akan menargetkan sponsor Piala Dunia. Mereka telah mengklaim serangan yang berhasil pada jaringan Kementerian Luar Negeri Brasil.

4. Serangan dari WiFi

Bagi siapa pun yang cukup beruntung untuk benar-benar berada di Piala Dunia di Brasil, ada banyak ancaman digital yang harus diperhatikan. Salah satu kemungkinan adalah serangan melalui Wi-Fi publik, baik yang dikendalikan oleh penyerang atau dipantau oleh mereka. Ketika pengguna bisa online melalui jaringan Wi-Fi ini, lalu lintas mereka dapat disadap. Jika tidak dilindungi dengan baik, dengan hal-hal seperti enkripsi, penyerang dapat mengambil data yang berguna, seperti username dan password. Insecure hotspot Wi-Fi, atau jaringan WiFi yang tidak memerlukan otentikasi yang tepat atau memberikan perlindungan yang layak di sekitar data yang lewat marak terjadi di Brazil.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: mlssoccer.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes