5 Cara Untuk Kebiasaan Baik dalam Menggunakan Smartphone

rawstory.com

Perilaku pengguna smartphone saat ini mulai mengkhawatirkan. Kita bisa melihat banyak pengguna yang menggunakan ponsel/smartphone selagi berkendara. Kita juga bisa melihat banyak orang yang saling berkumpul, namun terpisah satu sama lain karena hanya fokus ke smartphone.

Selain itu, dalam kehidupan berkeluarga atau berteman, banyak yang lebih fokus ke smartphone daripada pembicaraan riil sehingga kehidupan makin terasa kosong. Untuk mencegah hal tersebut anda perlu memulai kebiasaan baik dalam menggunakan smartphone. Caranya sebagai berikut.

1. Mulai dengan Percakapan

Bincangkanlah dengan keluarga, teman, pacar, sahabat, istri atau anak anda batas-batas dalam menggunakan smartphone. Ini penting untuk menjadi panduan mereka dalam menggunakan smartphone. Misalnya tidak boleh log in ke Facebook jika sedang acara keluarga, tidak SMS selagi bekerja, tidak boleh menggunakan Twitter selagi kencan dan banyak lainnya. Setelah ditetapkan batas-batasnya, harus ditegakkan dengan tegas agar perilaku baik dalam menggunakan smartphone bisa terlaksana.

2. Matikan Push Notification dan Berikan Nada Dering Universal

Notifikasi yang ada di smartphone membuat penggunanya terus-menerus menengok layar smartphone. Demikian juga personalisasi ringtone membuat pengguna smartphone dengan mudah mengenail siapa yang melakukan panggilan. Untuk menghindari terus-menerus merasa harus memegang smartphone tersebut, matikan notifikasi dan berikan nada dering umum agar anda menjadi tidak tertarik untuk mengangkat smartphone.

3. Pindahkan Aplikasi Media Sosial

Anda sering menempatkan berbagai aplikasi media sosial di layar utama smartphone? Agar memiliki kebiasaan bagus ber-smartphone, pindahkan semua aplikasi media sosial seperti Twitter, Facebook, Path dan banyak lainnya ke layar kedua. Paling tidak aplikasi itu butuh dua atau tiga langkah untuk menggunakannya sehingga anda akan sulit untuk menggunakannya dan membuat anda makin tidak bergantung kepada smartphone.

4. Jadwalkan Saat Tidak Menggunakan Smartphone

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan kebiasaan baru adalah dengan mempraktikkannya. Untuk itu, anda perlu menyusun waktu di mana dalam waktu tersebut tidak diperkenankan menggunakan smartphone. Ini artinya anda benar-benar tanpa smartphone untuk berapa lama. Susunlah jadwal tertentu setiap hari di mana anda menjauh dari smartphone secara total. Hal ini akan berdampak positif terhadap anda nantinya.

5. Membuat Pengingat Visual

Terkadang diperlukan suatu pengingat yang mudah anda lihat agar anda tidak memegang smartphone. Untuk itu, anda perlu membuat pengingat visual, misalnya gambar berwarna merah untuk mengingatkan agar anda tidak melakukan texting saat berkendara.

Selamat mencoba!

Sumber: Diadaptasi dari huffingtonpost.com

Sumber Gambar: rawstory.com

 


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes