Status Facebook Mengungkap Kepribadian Pengguna

telegraph.co.uk

Setiap saat pengguna Facebook menulis update status yang mengabarkan berbagai kondisi dirinya atau lingkungannya. Bisa saja update status tersebut berisi kemarahan, kesedihan, kegembiraan atau yang lainnya. Tahukah anda status yang anda tuliskan tersebut bisa mengungkapkan kepribadian anda sebenarnya?

Sebuah perusahaan yang berbasis di San Fransisco telah menemukan sebuah alat yang disebut Five Labs yang dapat menganalisis kata-kata yang dituliskan pengguna Facebook di statusnya dan memperkirakan kepribadian pengguna Facebook tersebut.

Five Labs akan melakukan analisis kata-kata dari update status anda untuk menunjukkan anda orang jenis yang mana (secara kepribadian) dan kemudian membandingkan sifat-sifat Anda dengan teman-teman dan selebriti. Dengan demikian alat ini bisa memprediksi kepribadian pengguna berdasarkan update status di Facebook mereka.

Pengguna dapat membandingkan sifat-sifat yang dihasilkan dari analisis Five Labs kepada teman-teman mereka, serta tokoh publik seperti Presiden Barack Obama dan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Five Labs menggunakan metode kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dirancang oleh Dr Andrew Hansen Schwartz, seorang peneliti utama di University of Pennsylvania’s Worldwide Well-Being Project, dan penasehat di Five Labs.

Prediksi yang dihasilkan oleh alat tersebut didasarkan sekitar ciri-ciri kepribadian Big Five sebuah  teori kepribadian terkemuka dalam psikologi modern. Menurut teori ini, kepribadian didasarkan pada lima karakteristik, yaitu extraversion, openness, neuroticism, conscientiousness, and agreeableness.

Sumber: Five Labs via Daily Mail

Sumber Gambar: The Telegraph


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes