Password Peretas Sama Lemahnya dengan Pengguna Biasa

jagatreview.com

Peretas selama ini dikenal bisa  memasuki komputer atau jaringan komputer dengan memanfaatkan lemahnya password yang digunakan oleh pengguna. Namun, bagaimana dengan peretas itu sendiri, apakah mereka karena keahliannya dalam meretas komputer menggunakan password yang lebih kuat daripada pengguna biasa?

Studi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan antivirus, yaitu Avast menunjukkan bahwa peretas layaknya pengguna biasa juga menggunakan password yang sama lemahnya dengan pengguna biasa tersebut.

Analisis oleh para peneliti keamanan di perusahaan antivirus Avast mengungkapkan bahwa hacker atau peretas  tampaknya menggunakan password yang sama lemahnya seperti orang lain. Dengan menggunakan sampel dari hampir 40.000 password yang dikumpulkan, Antonín Hyza dari Avast menemukan bahwa hanya 10 persen dari password yang berada di luar kemampuan normal menebak atau hanya 10 persen yang bisa dikatakan kuat karena tidak bisa ditebak.

Sisanya memberikan beberapa statistik menarik di sekitar pilihan password para hacker. Hampir tidak ada password yang unik dari sampel yang memiliki karakter huruf besar, meskipun ahli keamanan memperingatkan untuk menggunakan kombinasi karakter huruf besar dan huruf kecil untuk password.

Kebanyakan password hacker menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris dan frase umum termasuk variasi dari pass, root dan hax. Kata yang paling sering digunakan oleh hacker adalah hack. Anehnya, panjang password rata-rata hanya enam karakter, dan hanya 52 password yang lebih panjang dari 12 karakter.

Hacker menggunakan password sederhana karena mereka tidak takut diserang oleh sesama hacker atau untuk menghindari dari menggunakan password asli untuk kegiatan malware. Perlu diketahui bahwa hacker tidak selalu mematuhi saran keamanan seperti yang mungkin banyak diperkirakan orang. Artinya, hacker tersebut layaknya pengguna biasa, dalam memberikan perlindungan terhadap akun, mereka menggunakan password yang sama lemahnya dengan pengguna biasa tersebut.

Sumber: Avast via The Verge

Sumber Gambar: jagatreview.com

 


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes