Kejahatan Cyber Timbulkan Kerugian 445 Miliar Dollar

abc.net.au

Kerugian yang timbul karena adanya kejahatan cyber diperkirakan mencapai 445 miliar dollar dalam setahun. Demikian sebuah laporan baru yang merilis hal ini sebagaimana dikutip dari The Telegraph.

Spionase cyber dan pencurian informasi pribadi individu diyakini telah menelan korban lebih dari 800 juta orang selama 2013.  Kerugian finansial dari cybertheft ini bisa menyebabkan sebanyak 150.000 orang Eropa kehilangan pekerjaan mereka, menurut laporan perusahaan keamanan internet McAfee.

Kejahatan cyber ini membuat rusaknya perdagangan antarnegara, daya saing, inovasi, dan pertumbuhan ekonomi global, dan memperlambat laju inovasi global. McAfee menyerukan pemerintah untuk memulai upaya sistematis yang serius untuk mengumpulkan dan mempublikasikan data mengenai kejahatan cyber  guna membantu negara-negara dan perusahaan membuat pilihan yang lebih baik terkait risiko dan kebijakan.

Penelitian menunjukkan perekonomian internet setiap tahunnya menghasilkan antara 2 sampai 3 triliun dollar. Berdasarkan analisis dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), kejahatan cyber memperoleh bagian antara 15-20% dari nilai perekonomian internet yang diciptakan tersebut.

Pada tahun 2012 yang lalu sebuah bisnis yang berbasis di London mengalami kerugian sampai dengan 1,3 miliar dollar dalam serangan tunggal cyber. Namun demikian, masih diyakini bahwa para penjahat cyber mengalami kesulitan besar dalam hal bagaimana menguangkan data-data yang telah mereka curi.

Untuk Inggris, kejahatan cyber pada tahun 2013 yang lalu menimbulkan kerugian 11,4 miliar dollar atau sekitar 0,16 persen dari GDP Inggris. Sementara pengecer di Inggris mengalami kerugian sekitar 850 juta dollar dalam periode yang sama.

Salah satu sebab maraknya kejahatan cyber adalah risiko yang relatif rendah dan kejahatan cyber merupakan model bisnis yang menguntungkan bagi organisasi kejahatan.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: abc.net.au


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes