Media Sosial, Juara Piala Dunia 2014

chinlandtoday.info

Piala Dunia tidak lama lagi, bahkan hanya dalam hitungan hari akan segera dibuka. Ajang pertandingan sepak bola yang melibatkan banyak negara sejagad tersebut kali ini akan diadakan di Brazil. Ajang 4 tahunan ini selalu menarik, tidak lain karena sepak bola adalah olahraga terpopuler sedunia.

Persiapan pun sepertinya sudah sangat matang, terutama media televisi dan radio yang bersiap untuk melaporkan secara langsung seluruh pertandingan Piala Dunia 2014 ini. Media seperti radio dan televisi ini merupakan media tradisional yang setiap ajang Piala Dunia selalu berpartisipasi dan ikut merasakan betapa menguntungkannya Piala Dunia dari sisi pendapatan iklan.

Namun, itu belum seberapa. Dengan makin majunya media sosial, diperkirakan juara Piala Dunia kali ini adalah media sosial. Mengapa demikian?

Dilaporkan oleh The Guardian, bahwa media sosial seperti YouTube, Facebook dan Twitter berkesempatan untuk menjadi juara Piala Dunia kali ini jika dilihat dari besarnya anggaran iklan yang dikucurkan untuk kampanye digital pada Piala Dunia Brazil.

Adidas telah meluncurkan kampanye terbesar yang pernah mereka lakukan untuk mendukung keterlibatan mereka sebagai sponsor di Piala Dunia dengan memilih untuk menghabiskan lebih banyak anggaran iklan pada pemasaran digital daripada iklan TV. Untuk Piala Dunia 2010 hanya 20% dari pemasaran yang merupakan pengeluaran digital. Menurut Tom Ramsden, direktur pemasaran merek global sepak bola Adidas, Piala Dunia kali ini  secara pasti akan menjadi Piala Dunia paling sosial yang pernah ada dan mungkin peristiwa yang paling sosial dalam sejarah.

Seperti semua sponsor utama, Adidas telah meluncurkan kampanye TV secara global, yang digawangi oleh Lionel Messi, tetapi tag line dari itu semua adalah  untuk mendorong konsumen untuk terlibat di media sosial termasuk Twitter. Menurut Ramsden, media sosial memungkinkan kita untuk menceritakan lebih banyak kisah daripada hanya 30 atau 60-detik iklan yang mampu diberikan oleh televisi.

Sponsor sangat ingin mendompleng kemampuan bintang mereka di Twitter. Ronaldo yang menjadi bintang Piala Dunia dari Nike adalah olahragawan paling populer di Twitter dengan 26,5 juta followers. Ketika ia melakukan tweet iklan kedua Piala Dunia dari Nike lalu dirilis pada halaman YouTube-nya, hal ini menyebabkan lonjakan dalam jumlah view yang melampaui 70 juta views dalam beberapa hari.

Kombinasi siaran langsung televisi denganTwitter terbukti menjadi kombinasi yang menarik. Penelitian dari Nielsen menunjukkan bahwa 60% dari pengguna melakukan tweet saat menonton. Diperkirakan sebanyak 2,3 miliar dollar dihabiskan untuk iklan TV Piala Dunia secara global, menurut perkiraan tentatif jaringan keagenan media, Group M.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: chinlandtoday.info


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes