Terungkap, Basis Kegiatan Mata-mata GCHQ

rt.com

Kegiatan mata-mata yang dilakukan oleh NSA dan GCHQ sangat menarik perhatian banyak pengguna internet di seluruh dunia. Namun sejauh ini dari mana aksi mata-mata pengguna internet tersebut belum diketahui, terutama untuk GCHQ. Hal ini antara lain karena tekanan yang diberikan oleh pemerintah terhadap media yang ingin mempublikasinnya.

Namun, kemarin hal terbuka kepada publik setelah sebuah media di Inggris, yaitu The Register mempublikasikan secara detail basis kegiatan mata-mata terhadap pengguna internet yang dilakukan oleh oleh badan mata-mata Inggris, GCHQ tersebut.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan, The Register menyatakan bahwa basis kegiatan mata-mata GCHQ merupakan bagian dari program yang disebut CIRCUIT dan biasa juga disebut sebagai Overseas Processing Centre 1 (OPC-1). Lokasi basis kegiatan mata-mata tersebut berada di Seeb, di pantai utara Oman, di mana mereka bisa membuat keran di berbagai kabel bawah laut yang melewati Selat Hormuz menuju Teluk Persia/Arab. Seeb merupakan salah satu dari tiga lokasi jaringan GCHQ di Oman, yang di lokasinya disebut dengan kode TIMPANI, GUITAR, dan CLARINET.

Timpani berada di dekat Selat Hormuz dan bisa memonitor komunikasi Irak, Klarinet berada di selatan Oman, strategis karena berada dekat dengan Yaman.

The Register juga menyebutkan perusahaan telekomunikasi Inggris BT terkait dengan aksi GCHQ tersebut sebagaimana disebut dalam file sangat-sangat rahasia dengan nama REMEDY. Demikian juga dengan Vodafone Cable yang dulunya memiliki perusahaan dengan nama Gerontic. Kedua perusahaan tersebut menerima uang puluhan juta pound setiap tahun dari GCHQ.

Menurut dokumen yang diungkapkan oleh Edward Snowden kepada wartawan, badan intelijen membayar perusahaan yang dipilih puluhan juta pound setiap tahun untuk menjalankan tim rahasia yang memasang koneksi tersembunyi yang bisa melakukan copy data dan pesan pelanggan ke agen rahasia di pusat pengolahan. Perusahaan-perusahaan yang dikontrak GCHQ juga menginstal keran di serat optik atau saluran rahasia ke peralatan milik perusahaan lain tanpa sepengetahuan atau persetujuan perusahaan tersebut. Dalam berhubungan dengan GCHQ, masing-masing perusahaan memiliki tim khusus yang disebut Sensitive Relationship Team atau SRT .

BT dan Vodafone/Cable & W ireless (Gerontic) juga mengoperasikan jaringan jarak jauh komunikasi serat optik yang luas di seluruh Inggris yang  dipasang dan dibayar oleh GCHQ, NSA, atau oleh organisasi dukungan intelijen Inggris ketiga dan sedikit asing yang disebut Technical Assistance Centre National (NTAC).

Bocoran yang diberikan oleh Snowden mengungkapkan bahwa setiap kali GCHQ ingin melakukan tapping  kabel serat optik internasional baru, insinyur BT biasanya akan dipanggil untuk merencanakan di mana keran atau saluran ditempatkan yang secara fisik akan terhubung ke kabel serat optik. Insiyur dari BT juga memberikan persetujuan seberapa banyak BT harus dibayar.

Sumber: The Register

Sumber Gambar: rt.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes