Lebih dari 100 Hacker Ditangkap FBI

blog.experts-exchange.com

Razia terhadap hacker beberapa waktu yang lalu yang diadakan di banyak negara berhasil mengakap lebih dari 100 hacker. Tindakan penangkapan yang dipimpin oleh FBI ini dilakukan terhadap hacker yang terkait dengan remote administration tool yang disebut dengan Blackshades.

Menurut seorang pejabat kepada majalah Time, razia terhadap hacker tersebut berlangsung di lebih dari selusin negara dan lembaga penegak hukum yang terlibat ada di Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Utara. Menurut Badan Kejahatan Nasional Inggris, 17 dari mereka yang ditangkap berbasis di Inggris.

Dikenal sebagai RAT atau backdoor, Blackshades dan perangkat lunak lain yang sama seperti Blackshades memungkinkan penyerang menguasai komputer pengguna dari jarak jauh,  menyalakan webcam, mencuri password dan informasi pribadi, serta meluncurkan serangan terhadap komputer lain. Perangkat lunaknya sendiri tidak ilegal dan dapat dibeli dengan harga sekurang-kurangnya 40 dollar AS, tetapi menginstal software tersebut di komputer korban tanpa sepengetahuan mereka adalah melawan hukum di sebagian besar negara.

Pada tahun 2012, sebuah operasi FBI mengakibatkan ditangkapnya lebih dari 20 orang yang terlibat dengan program Blackshades, termasuk Michael Hogue yang diduga coder utama perangkat lunak dengan nama xVisceral. Meskipun penangkapan telah dilakukan, tetapi  peneliti dari Symantec melihat peningkatan infeksi selama paruh kedua tahun 2013.

Sumber: Guardian

Sumber Gambar: blog.experts-exchange.com

Tags: , ,

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes