Cara Agar Artikel Lama di Blog Tetap Dibaca

Menulis di blog tentu saja sangat mengasyikkan. Anda bisa menuliskan berbagai opini, pengalaman atau sekadar cerita ringan sehari-hari. Biasanya saat pertama kali artikel di blog anda publikasikan dan sebar link-nya di media sosial, saat itu akan banyak pembaca yang datang ke blog anda dan membaca artikel tersebut.

Seiring berlalunya waktu artikel yang anda tulis semakin menumpuk. Pembaca lebih senang membaca artikel terbaru, akibatnya artikel lama anda tidak lagi ada pengunjungnya. Hal ini kadang berpengaruh terhadap jumlah junjungan ke blog anda, apalagi kalau anda jarang nge-blog.

Untuk itu anda perlu mempertahankan jumlah kunjungan ke artikel lama yang anda publikasikan. Cara berikut ini bisa digunakan.

1. Buatlah Artikel Berseri

Artikel stand alone atau artikel tunggal sering ditinggalkan pembaca. Artikel jenis ini seiring waktu akan semakin sedikit pembacanya. Untuk itu, anda perlu membuat artikel berseri. Artinya jika anda membahas satu topik tertentu, jadikan topik tersebut menjadi beberapa seri yang saling berkaitan sehingga artikel yang pertama sekali dipublikasikan masih mendapat kunjungan.

2. Jadikan Presentasi

Banyak pembaca yang ingin sederhana. Ingin mengetahui sesuatu fakta statistik, kutipan, atau saran perbaikan secara cepat. Untuk itu, ada baiknya anda membuat artikel dalam bentuk presentasi. Dengan bentuk presentasi, artikel lama anda akan tetap mendapat kunjungan karena sederhanan dan bermanfaat.

3. Jadikan Infografis

Inforgrafis saat ini menjadi tren. Banyak orang yang suka infografis karena data akan lebih mudah dimengerti. Selain itu warna-warni infografis dapat dipilih sehingga menjadi semakin menarik. Inforgrafis ini sangat cocok bagi anda yang suka merilis data dan fakta sesuatu.

4. Modifikasi Konten Lama

Konten lama yang mungkin sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi perlu anda modifikasi. Dengan memodifikasi konten tersebut lalu anda publikasikan tentu saja akan datang lagi pembaca yang ingin mengetahui kondisi terkini. Untuk itu, sebelum memodifikasi konten lama, siapkan data dan fakta baru sehingga modifikasi tersebut tidak hanya modifikasi judul, tetapi juga isi.

5. Promosikan Kembali di Media Sosial

Media sosial merupakan sumber pembaca bagi artikel blog yang sangat penting. Untuk itu anda harus memanfaatkannya dengan sangat baik. Promosikan artikel lama anda dengan melakukan tweet tentang artikel tersebut. Cara ini dipercaya bisa tetap menjamin datangnya kunjungan ke artikel lama anda karena orang melihat ada tweet yang menarik bagi mereka.

Selamat mempraktikkan!

Sumber: The Next Web

Sumber Gambar: drupal.in-cdn.net


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes