Cara Mencari Pekerjaan via Twitter dan Facebook

www.wh-employment.co.ukAnda butuh pekerjaan? Setiap orang ingin bekerja, tetapi sayangnya selalu ada gap informasi antara pencari kerja dengan yang menawarkan pekerjaan. Melalui media sosial kesenjangan informasi tersebut sedikit bisa dikurangi, asal anda tahu cara mencari pekerjaan yang anda inginkan. Pertanyaannya, bagaimanan cara memburu pekerjaan yang anda inginkan melalui media sosial, terutama Twitter dan Facebook?

1. Twitter

Ada 4 cara yang bisa anda manfaatkan untuk memburu pekerjaan yang anda idamkan. Pertama adalah search atau button pencarian yang ada di Twitter. Tuliskan kata kunci, misalnya lowongan pekerjaan, loker, pekerjaan, vacancy atau lainnya. Nantinya akan muncul hasil pencarian yang memberikan informasi berbagai jennis pekerjaan yang ditawarkan.

Kedua adalah tagar. Sering di Twitter pengguna memanfaatkan tagar loker untuk menginformasikan lowongan pekerjaan. Anda tinggal menuliskan tagar loker di search button, hasilnya akan sangat banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Ketiga adalah anda harus sering melakukan tweet tentang keahlian yang anda miliki dan keinginan bekerja di bidang tersebut. Mana tahu di antara tweet tersebut ada yang mengena di pencari kerja.

Keempat adalah melakukan following akun-akun yang sering menginformasikan lowongan pekerjaan. Banyak sekali akun di Twitter yang menginformasikan lowongan pekerjaan. Dengan mengikuti akun tersebut anda bisa langsung mengetahui lowongan pekerjaan yang tersedia.

2. Facebook

Di Facebook juga sangat besar kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan yang anda buru. Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan melakukan LIKE beberapa halaman perusahaan. Biasanya perusahaan sering mengumumkan lowongan pekerjaan melalui halaman Facebook mereka. Ketika anda melakukan LIKE halaman mereka informasi lowongan pekerjaan tersebut akan langsung anda terima.

Cara kedua adalah perbaiki pengaturan privasi. Agar orang lain atau pemberi kerja bisa mengetahui anda dengan baik, anda perlu mengatur profil anda menjadi publik. Dengan profil publik akan terbuka kemungkinan informasi yang lebih banyak dari anda ke orang atau perusahaan yang akan merekrut anda.

Cara ketiga adalah melakukan update profil. Sepanjang anda beraktivitas di Facebook, kemungkinan anda mengikuti kursus atau memperoleh keahlian baru. Hal tersebut harus anda cantumkan dalam profil anda terkini agar pencari kerja bisa membacanya.

Cara keempat tambahkan kehalian profesional di dalam profil anda. Hal ini penting karena pencari kerja sering mencari mereka yang ahli sehingga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan.

Sumber: Mashable

Sumber Gambar: wh-employment.co.uk


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes