Password Akun Twitter Curian Lebih Berharga bagi Hacker

abcnews.comSaat ini, bukan lagi data kartu kredit curian yang berharga di pasar gelap, tetapi akun Twitter curian. Hal tersebut diungkapkan oleh studi terbaru dari Juniper Networks.

Menurut studi tersebut akun Twitter dicuri saat bisa bernilai lebih bagi hacker dibandingkan dengan kartu kredit. Hal ini mengisyaratkan bahwa bahwa hukum penawaran dan permintaan memengaruhi industri kejahatan cyber dengan cara yang sama melakukan bisnis yang sah. Artinya, kini di pasar gelap permintaan terhadap akun Twitter yang dicuri sedang tinggi, sedangkan penawarannya mungkin tetap atau malah berkurang sehingga harganyanya pun menjadi naik.

Data-data kartu kredit di pasar gelap diharga mulai dari 20 sampai dengan 40 dollar AS selagi masih fresh dan kemudian jatuh menjadi hanya 2 dollar  jika sudah basi. Sedangkan akun media sosial seperti Twitter dihargai mulai dari 16 dollar AS hingga 325 dollar AS karena bisa menjadi jalan untuk melakukan hack ke aspek lain dari identitas online pengguna yang akun Twitter-nya dicuri tersebut.

Menurut Juniper Networks, media sosial dan kredensial lain termasuk username dan password sering dapat digunakan sebagai pintu masuk untuk memulai serangan pada akun orang yang dicuri akunnya  pada sejumlah situs lain. Hal ini tentu menyebabkan kerugian yang lebih tinggi dan pendapatan yang lebih besar bagi hacker dan karena hal itulah makanya akun Twitter yang dicuri berharga lebih mahal.

Mengingat kebanyakan orang cenderung menggunakan username dan password yang sama , melakukan hack pada satu akun sering dapat menghasilkan informasi berharga lainnya seperti perbankan online atau akun e-commerce. Dengan mencuri informasi akun seseorang di satu situs, para kriminal dunia maya mungkin bisa mendapatkan akses informasi akun orang tersebut pada sepuluh situs lainnya.

Nah, jagalah akun Twitter anda sebaik mungkin. Jangan sekali-kali memberikan password dan username yang sama untuk berbagai akun, agar akun anda tidak mudah dibobol.

Sumber: The Telegraph

Sumber: Gambar: abcnews.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes