Hacker Serang 300 Router Bisnis Rumahan

vr-zone.netPerusahaan keamanan yang berbasis di Florida, yaitu Team Cymru melaporkan bahwa sedikitnya 300 router bisnis rumahan dan bisnis kecil diserang oleh hacker. Router tersebut sebagaimana kerja hacker digunakan untuk mendistribusikan sejumlah besar spam dan malware.

Jumlah router yang terjangkiti malware tersebut merupakan pelacakan dari bulan Januari yang tersebar di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Rusia. Namun jumlah terbesar dari router yang diserang hacker berada di Vietnam, Turki, India, Thailand dan Kolombia.

Team Cymru telah berbagi penemuan mereka tersebut dengan sejumlah penegak hukum dan mencoba menghubungi perusahaan yang memproduksi router yang diserang hacker antara lain D-Link, Micronet, Tenda, dan TP-Link.

Hacker tampaknya telah memperoleh akses ke router yang diserang dengan mengeksploitasi kelemahan yang ada di perangkat router untuk memperoleh akses administratif dan mengubah pengaturan DNS.

Menurut Team Cymru, beberapa perangkat yang telah dieksploitasi rentan terhadap serangan CSRF (cross-site request forgery) yang memungkinkan hacker bisa menyuntikkan JavaScript berbahaya dan mengubah pengaturan DNS router.

Sumber: informationweek.com

Sumber Gambar: vr-zone.net


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes