Orang Tua Membantu Anak Menjadi Pelaku Bullying

Sebuah penelitian baru di Inggris menunjukkan sepertiga dari orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka takut anak mereka menjadi pelaku Bullying di internet. Jumlah ini hampir sama banyak dengan dengan anak-anak yang takut menjadi korban Bullying di internet. Namun demikian fakta lain dari survei tersebut menunjukkan bahwa setengah dari orang tua mengabaikan aturan yang dirancang untuk melindungi anak mereka dari penyalahgunaan media sosial untuk bisa menyesuaikan diri dengan teman sebaya mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh  National Children’s Bureau di Inggris menemukan 45% orang tua telah membuatkan akun Facebook untuk anak mereka sebelum anak tersebut mencapai usia 13 tahun dan mengabaikan aturan yang dibuat situs Facebook dengan cara mencuri umur. Hanya 1 dari 10 orang tua yang merasa anaknya aman di internet, namun sepertiga dari orang tua tidak pernah memperbincangkan kemungkinan bahaya di internet. Kurang dari setengah orang tua yang memasang parental control di komputer ruamh dan di smartphone anak mereka.

Fakta-fakta tersebut di atas memungkinkan anak-anak menjadi pelaku Bullying dan korban Bullying sekaligus. Dengan menyiapkan akun profil sosial bagi anak-anak sebelum anak tersebut dibolehkan membuat akun media sosial, orang tua secara tidak sadar memungkinkan perilaku buruk anak-anak mereka secara online.

Kasus pencurian umur ketika membuatkan akun media sosial merupakan kasus yang sangat umum dilakukan oleh banyak orang tua. Orang tua sering melepaskan tanggung jawab dengan cara membuatkan profil media sosial karena desakan teman sebaya anak mereka. Dengan membuatkan akun media sosial sebelum waktunya ini, orang tua membantu anaknya sendiri menjadi pelaku Bullying sekaligus menjadi korban Bullying. Hal ini karena orang tua tidak mempersiapkan anaknya dengan dasar yang baik untuk bermedia sosial. Dan lagi anak tersebut memang belum seharusnya berada di media sosial.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: arabiangazette.com


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes