NSA Tetap Bisa Memata-matai Meskipun tanpa Internet

mashable

Berita kegiatan memata-matai pengguna komputer/internet dunia yang dilakukan oleh National Security Agency terus bertambah. Sejak diungkapkan oleh Edward Snowden beberapa bulan yang lalu, aksi keterlibatan NSA dalam kegiatan memata-matai pengguna komputer/internet di seluruh dunia semakin panjang.

Kali ini, sebagaimana dirilis oleh  New York Times, NSA dituding telah menggunakan sinyal radio sebagai sarana untuk memata-matai. NSA telah menanamkan perangkat lunak ke 100.000 komputer di seluruh dunia yang dengan perangkat lunak tersebut dimungkinkan untuk melakukan kegiatan mata-mata dan juga sebagai cara cepat untuk melakukakn serangan cyber meskipun komputer tidak terkoneksi ke internet sama sekali.

Teknologi yang digunakan NSA tersebut setidaknya sudah dipakai semenjak tahun 2008 yang lalu. Teknologi tersebut bergantung pada saluran rahasia gelombang radio yang dapat ditransmisikan dari papan sirkuit kecil dan kartu USB yang dimasukkan diam-diam ke dalam komputer. Nantinya, perangkat yang sudah ditanamkan ke komputer tersebut akan mengirim informasi ke stasiun relay yang bisa diatur oleh NSA dari jarak bermil-mil.

NSA berkilah, program yang mereka lancarkan tersebut sebagai tindakan pertahanan aktif dari serangan cyber asing. Namun tetap saja dalam hal ini NSA telah melanggar privasi dengan cara diam-diam menanamkan perangkat yang bisa memata-matai pengguna komputer di seluruh dunia.

Sumber: New York Times
Sumber Gambar: Mashable


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes