Awas!! Predator Seks Dunia Maya Ancam Anak Indonesia

predator internet

Semakin berkembangya internet dan media sosial membuat makin menyebarnya predator seks yang sering mengintai anak-anak. Laporan terbaru dari Terre des Hommes sebuah yayasan perlindungan anak internasional menyebutkan terdapat 1.000 predator seks dunia maya di 71 negara di dunia, 3 di antaranya ada di Indonesia. Hal ini mengakibatkan besarnya risiko anak-anak Indonesia terhadap ancaman predator seks.

Terre des Hommes juga mengatakan bahwa peringkat Indonesia dalam hal kekerasan terhadap anak-anak juga meningkat sangat signifikan, dari posisi 7 di tahun 2005 menjadi posisi ketiga di tahun 2009. Sementara untuk tahun 2013 belum ada data terbaru.

Salah satu faktor penting meningkatnya ancaman predator seksual dunia maya terhadap anak-anak adalah meningkatnya pemakaian media sosial. Tidak dipungkiri, kini sangat banyak anak-anak Indonesia yang belum cukup umur, tetapi sudah menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter secara intensif. Mereka pada umumnya tidak bisa melindungi diri mereka dari predator seksual dunia maya karena tidak mengerti dan tidak bisa menjaga privasi. Selain itu orang tua lalai dalam mengawasi anak-anak, terkadang malah membuatkan akun media sosial tanpa peduli risiko yang mengintai anak mereka di internet.

Bagi orang tua, segeralah lindungi anak anda dari kemungkinan dimangsa predator seksual dunia maya. Awasi dan dampingi anak ketika mereka memaki media sosial dan gadget yang terkoneksi ke internet. Orangtua juga wajib memahami teknologi dan internet supaya dapat mendampingi dan menjaga anak-anak agar terhindar dari dampak buruk Internet.

Sumber: bbc.co.uk/indonesia


Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes