4 Fitur Pengaman Gadget dari Jangkauan Anak-anak

 anak

[Internet Sehat]   Perangkat mobile makin digilai saja. Baik smartphone dan tablet makin diminati semua kalangan. Tua maupun muda. Bahkan anak-anak pun sudah sangat familiar dengan dua gadget tersebut, sebab sangat mudah dioperasikan, dan menyediakan banyak aplikasi menarik bagi anak-anak. Problemnya, tidak semua aplikasi layak diakses anak-anak.  Bagi orang tua yang sesekali meminjamkan gadgetnya bagi anak-anak usia belia, perlu dipikirkan bagaimana “mengunci” gadget tersebut agar anak-anak tidak terlalu leluasa menggunakannya.

Ada beberapa tool yang dapat membatasi akses anak-anak ke gadget Anda.

Berikut jenis tool disesuaikan dengan platform perangkat mobile yang ada:

1. Windows Phone

Windows Phone 8  menyediakan fitur Kids Corner yang bisa diakses melalui menu Start, lalu klik Setting. Di sini user dapat menambahkan games, video, dan aplikasi lain yang sesuai untuk usia anak-anak. Setelah itu akses bisa dikunci dengan menggunakan PIN empat digit. Begitu anak-anak mengaksesnya, mereka tidak akan dapat merambah aplikasi lain.

2. Android

Untuk platform ini tersedia Kids Place dan Kid Mode. Keduanya mengombinasikan games yang sudah ada di gadget dengan aplikasi berfitur pengunci. Orang tua dapat memonitor aplikasi apa saja yang diakses anak-anak melalui Kid Mode.

3. iOS (iPhone, iPad, iPod touch)

Ada fitur Allowed Content pada versi iOS 6 dan sesudahnya. Di sini user dapat mengontrol akses dan jenis konten yang diunduh dari iTunes Store.  Saat gadget berpindah tangan ke anak-anak, orang tua dapat memilih jenis musik, film dan games yang sesuai dengan rating usia. Pada bagian Setting, user bisa mencegah terjadinya perubahan setting privasi, sehingga anak-anak tak bisa sembarangan melakukan sharing foto dan data apapun ke pihak lain.

4. BlackBerry

OS BlackBerry versi 5.0 dan sesudahnya memiliki fitur Parental Controls yang bisa diunduh di BlackBerry App World.  User bisa mengontrol akses ke fitur kamera, serta blocking ke panggilan telepon dan jenis komunikasi lain.

 

[Internet Sehat]

 

Sumber artikel: TheOnlineMom / Sumber gambar: TheOnlineMom

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes