Wow, 58% Anak Setuju Sistem Rating Aplikasi

[Internet Sehat]   Maraknya kasus cybercrime terhadap anak-anak dan remaja, seperti penculikan, pornografi, dan cyberbully, membuat orang tua bersikap protektif terhadap aktivitas online anaknya. Bagaimana sesungguhnya respon anak terhadap hal ini? Ternyata mereka cukup memahami tindakan orang tua yang bersikap demikian. Bahkan sebagian besar mereka setuju jika aplikasi komputer menerapkan sistem rating atau batasan usia.

Sebuah survei yang dilakukan SodaHead.com belum lama ini, menyatakan bahwa 58% dari anak usia 13-17 tahun sangat paham akan sistem rating yang melibatkan orang tua pada sejumlah aplikasi komputer.

Sementara dari pihak orang tua, sebanyak 90% menyatakan setuju jika ada sistem rating ada aplikasi komputer. Secara keseluruhan, 77% responden dari semua usia sama-sama setuju dengan sistem tersebut. Survei tersebut melibatkan 1000 user dari berbagai golongan usia.

Aplikasi komputer yang kini bebas diakses dan diunduh di dunia maya belum disertai dengan sistem rating penggolongan usia. Misalnya saja aplikasi dewasa dan aplikasi untuk anak-anak bercampur baur di dunia maya. Untuk itu dilakukan survei mengenai apakah sistem rating juga dibutuhkan bagi aplikasi-aplikasi tersebut.

Survei tersebut juga menjelaskan berapa banyak orang yang akan berminat membeli aplikasi berbasis kelompok usia. Yang paling diminati masih games (31%), diikuti dengansocial media (27%), berita atau info cuaca (12%), dan musik (11%). Sebanyak 47% responden mengaku membayar atas aplikasi yang dipakainya. Ada 63% anak usia 13-17 tahun yang membeli aplikasi, sedangkan usia dewasa hanya 35% saja.

Sejauh ini orang tua dapat menginstal aplikasi pelacak alias tracking apps  untuk memonitor konten apa saja yang diakses anak-anak mereka. Namun cara ini dianggap melanggar privasi anak. [Internet Sehat]

Sumber artikel: mashable / Sumber gambar: marlonsite.blogspot.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes