Scammer Incar Situs Berakhiran .Gov

[Internet Sehat]  Selama ini, situs dengan akhiran .gov dianggap cukup dapat dipercaya oleh user. Sebab itu adalah domain situs milik pemerintah. Ternyata tidak juga, sebab para scammer alias penipu dunia maya juga menarget situs berakhiran.gov sebagai mangsa mereka.  Ya, selama berminggu-minggu mereka mencari cara untuk dapat melakukan phishing alias memperdaya user mengklik situs palsu berbau nama pemerintah. Fenomena ini besar kemungkinan berkaitan dengan kampanye Pilpres Amerika Serikat yang sedang gencar.

Selama ini General Services Administration (GSA) membuka layanan penyingkat URL di mana situs resmi pemerintah AS dapat disingkat menjadi 1.USA.gov atau Go.USA.gov.  Semua link singkat ini tertuju hanya ke situs resmi pemerintah Amerika Serikat. Namun ternyata user publik kadang tidak sadar bahwa ada URL yang dimodifikasi para scammer, sehingga mereka akan “dibawa” ke situs yang ternyata bukan milik pemerintah AS, melainkan situs berbahaya.

Symantec telah mencatat bahwa scammers telah mulai memanfaatkan situs web pemerintah. Contohnya saja situs Department of Health and Welfare di Idaho yang ketika link-nya diklik justru membawa user ke URL lain tanpa disadari.

Dengan kemampuan memodifikasi URL situs pemerintah, para scammer mendapat banyak keuntungan.  Sebab user akan terkecoh seolah sedang mengakses web pemerintah, padahal tidak. User akan dengan mudah percaya untuk mengikuti semua petunjuk di situs palsu tersebut. Misalnya saja melakukan registrasi dengan memasukan sejumlah data-data pribadi yang bisa dimanfaatkan scammer.  Bahkan situs palsu itu juga dapat mengandung malware yang siap menginfeksi komputer user.

Pihak penyingkat URL Bit.ly yang banyak dipakai user umum telah menutup layanan terhadap situs resmi Amerika, sebab tidak mau mengambil risiko dijadikan media para scammer.

Bagaimana dengan situs resmi pemerintah Indonesia? Apakah sudah cukup menjaga keamanannya? [Internet Sehat]

Sumber artikel: Zdnet / Sumber gambar:welcomia.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes