Anak Usia di Bawah 2 Tahun Jangan Main iPad?

[Internet Sehat]   Anak usia di bawah 2 tahun, idealnya bebas dari segala jenis layar monitor, baik itu komputer tablet, laptop, PC, bahkan TV. Demikian anjuran dari The American Academy of Pediatrics (AAP). Sementara anak-anak sebaiknya tak lebih dari 2 jam sehari di depan layar monitor. Tentu anjuran tersebut tidak mudah dilakukan, mengingat keluarga modern saat ini dimbombardir aneka peranti elektronik canggih. Bahkan orang tua sudah mengenalkan anak-anak pada iPad, smartphone, laptop, sejak usia belia. Aplikasi komputer untuk bayi pun sudah tak terhitung jumlahnya.

Menurut riset iYogi Insight, banyak orang tua yang merasa baik-baik saja anaknya menghabiskan waktu 2 jam sehari dengan iPad. Sebagian lagi yakin tidak masalah membebaskan anak-anaknya bermain gadget. Nyaris semua orang tua atau 92% setuju anaknya memakai iPad sebagai alat mengerjakan PR.

Selama dampak jangka panjang dari penggunaan teknologi berlebihan masih belum jelas, maka aplikasi komputer edukasi bagi anak-anak akan terus bermunculan. Cara ini dianggap sebagai alternatif yang lebih baik daripada menonton TV.

Sharon Rechter, co-founder of BabyFirst, situs interaktif anak-anak, menyatakan bahwa kuncinya adalah konten. Kaiser Family Foundation menyatakan bahwa anak-anak punya kemampuan merespon secara unik program edukasi yang dapat membuat manfaatnya bertahan dalam jangka waktu lama.

Orang tua disarankan memberi media yang tepat bagi anak-anaknya, dan memperhatikan seberapa lama mereka mengaksesnya. Untuk mencari tahu konten apa saja yang cocok untuk anak-anak, bisa melihat ulasannya di Common Sense Media. Tersedia pula situs ESRB yang memberi rekomendasi berbagai jenis games, sehingga orang tua dapat menilai apakah games itu sesuai bagi anak-anak

Mengenai berapa lama sebaiknya seorang anak di depan monitor komputer, Dr. Jerry Weichman, psikolog dari Hoag Hospital berpendapat, “Itu tergantung bagaimana orang tua melihat usia dan kedewasaan anak. Saya sarankan anak-anak yang berkelakuan baik di sekolah dan rumah, memiliki rasa hormat, dan banyak menghabiskan bersosialisasi dengan baik, dapat dipercaya untuk leluasa memiliki gadget.”

Scott Steinberg, penulis buku The Modern Parent’s Guide menambahkan, tidak ada acuan yang tepat mengenai waktu online anak-anak. Semua kembali pada orang tua masing-masing, apakah mereka merasa nyaman dengan lamanya waktu anak di depan layar komputer, dan apakah kebiasaan itu memicu hal-hal buruk. [Internet Sehat]

Sumber artikel: mashable.com/sumber gambar: blog.goodcoresoft.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes