Rencana Facebook Hapus Batasan Usia User Ditentang

 

[Internet Sehat]  Rencana Facebook untuk membebaskan anak berusia di bawah 13 tahun menjadi usernya ternyata tidak banyak disukai orang. Mashable belum lama ini melakukan jejak pendapat. Dari 5145 peserta polling, sebanyak 83% mengaku sangat menjaga anak-anak mereka untuk tidak mengakses situs social media tersebut.

Sekitar 78% mengatakan mereka tidak setuju jika Facebook mengizinkan anak di bawah usia 13 menjadi user Facebook.

Padahal Facebook berencana untuk menghapus aturan yang melarang anak di bawah usia 13 tahun menjadi usernya. Mereka merasa aturan itu sia-sia saja, sebab banyak anak yang belum berusia 13 tahun memalsukan tanggal lahir saat melakukan pendaftaran sebagai user. Facebook akan menghapus aturan tersebut, namun memberi akses ke orang tua untuk mengontrol anak-anak mereka bergaul di dunia maya.

“Sulit bagi saya untuk mendukung rencana ini, sebab banyak acara TV dan film yang menggambarkan betapa banyak gangguan di dunia maya,” komentar Mega Matos, salah satu responden. “Hanya bisa efektif jika orang tua benar-benar memantau apa yang terjadi pada akun anak mereka di Facebook.”

Responden lain mengaku bahwa putrinya yang berusia 13 tahun pernah mengalami gangguan dan cyberbully di Facebook saat baru mengenal Facebook. Komentator lain menyatakan bahwa anak usia pra remaja memang belum cukup matang untuk mendapat kebebasan di dunia maya, sehingga perlu mendapat tambahan pengetahuan.

“Saya setuju, harus ada keterampilan lain yang perlu dikembangkan di antara anak-anak. Bukan sekadar bagaimana menggunakan komputer, tapi juga bagaimana melindungi diri secara online,” komentar Brendan Charles. [Internet Sehat]

Sumber artikel: mashable.com / Sumber gambar: mashable


Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes