User Indonesia: 79% Follow Akun Anonim, Segelintir yang Percaya!

 

[Internet Sehat]  Ternyata user social media di Indonesia cukup berminat dengan keberadaan akun anonim,  walau hanya sedikit yang percaya pada informasi yang dikicaukan akun anonim.  Mereka cukup toleran dengan keberadaan akun anonim. User kita juga tergolong cukup jujur, sebab sebagian besar menggunakan nama dan identitas asli di social media.

Itulah setidaknya yang tercermin dari survei yang diselenggarakan Internet Sehat, pada 28 Mei-1 Juni 2012 lalu. Survei melibatkan 185 responden, dengan 139 responden laki-laki, dan 46 perempuan, usia mulai dari 13-54 tahun.

Fenomena munculnya akun anonim di social media, khususnya Twitter, sempat membuat heboh user di Indonesia. Sampai-sampai media massa beberapa kali mengulas ikwal kehadiran akun anonim seperti Benny Israel atau Trio Macan 2000, yang menghebohkan itu. Sebenarnya, seberapa berminat dan percayanya user social media Indonesia terhadap informasi yang disebarkan akun anonim? Untuk itulah Internet Sehat mengajukan sejumlah pertanyaan ringan seputar kepercayaan para user pada informasi di social media. Untuk itulah Internet Sehat menyelenggarakan survei yang disebarkan melalui Twitter dan Facebook ini.

Antusias Tapi Tidak Terlalu Percaya

Hasilnya, sebanyak  99 responden (53%) mengaku follow atau berteman dengan akun anonim, kurang dari 10 akun anonim. Yang menjawab follow akun anonim lebih dari 10 akun, ada 48 responden (26%).  Yang mengaku tidak berteman atau follow akun anonim hanya 35 responden (19%), dan 3 responden (2%) menyatakan tidak paham apa yang dimaksud dengan akun anonim.

Tapi berminat tidak menandakan mereka percaya, lho. Terbukti sebanyak 145 responden (78%) bersikap “kadang percaya kadang tidak” terhadap informasi yang dikicaukan akun anonim  Bahkan yang menyatakan “tidak percaya sama sekali” ada 32 responden (20%). Adapun yang percaya  hanya ada 3 responden  (2%) saja!

Responden pun bersikap toleran dengan keberadaan akun anonim.  Sebesar 74% responden beranggapan bahwa alasan orang menggunakan akun anonim adalah karena ingin bebas dari hambatan berkomunikasi (freedom of constraint).  Hanya 19% saja yang menganggap bahwa pengguna akun anonim adalah orang yang ingin lari dari tanggung-jawab (freedom of responsibilty). Sisanya, 7% menyatakan tidak tahu.

Mereka juga tak sepenuhnya menganggap bahwa akun anonim lah penyebab debat kusir, fitnah, atau hasutan di social media. Menurut 62% dari responden, debat atau fitnah bisa dipicu oleh pengguna akun asli maupun anonim, tergantung orangnya. Sementara yang menuduh akun anonim lah pemicunya, hanya 32 %.  Sebesar 4% beranggapan user pengguna akun asli lah yang justru memicu debat/fitnah. Sisanya,  2%  menyatakan tidak tahu.

Lebih dari setengah responden mengatakan tak sepenuhnya percaya pada informasi yang diposting di social media. Sebesar 52% menyatakan hanya sesekali saja percaya, perlu melakukan konfirmasi. 24% merasa tidak mudah percaya, 22% percaya hanya pada teman tertentu, dan hanya 2% saja yang percaya.

User social media di Indonesia juga masih tergolong jujur. Sebanyak 60% responden mengaku menggunakan nama dan identitas asli untuk akunnya di media sosial. 18% responden menjawab punya dua akun, 1 asli dan 1 samaran (alternatif). Adapun yang mengaku memakai akun dengan nama alternatif tapi tak menutupi identitas aslinya ada 17%.  Hanya 5% saja yang memilih menggunakan nama samaran / alternatif dan sekaligus menutupi identitas aslinya.

Twitter menjadi social media utama bagi 71%, menyusul kemudian Facebook sebesar 26%, LinkedIn 2%, Google+ 1%.

44% responden melakukan update status atau twit sebanyak 1-5 kali sehari. Yang memposting lebih dari 25 kali sehari ada 15%.  Update 6-10 kali sehari ada 18% , 11-15 kali sehari  13%, 16-20 kali sehari 6%, 21-15 kali sehari 4%.

Hasil survei ini hanyalah untuk keperluan artikel populer dan tidak untuk keperluan akademis. Penggunaan hasil survei ini adalah menjadi tanggung-jawab masing-masing penggunanya.

Pemenang survei kali ini yang berhak mendapatkan merchandise menarik Internet Sehat adalah:

Afrinaldi

Email: afrinaldi92@*****.com

No. HP: 085766155***

Twitter: @afrnld

 

Elok Agustina

Email: elokagustina26@*****.com

No. HP: 083870719***

Twitter: @lockgoest

Ikuti survei kami berikutnya, dengan topik “Puaskah Pelanggan Operator Seluler di Indonesia?” Yang akan diselenggarakan pada Selasa, 5 Juni 2012 besok. Kami akan umumkan di Twitter dan Facebook, serta web ini.

Sumber foto: kelownalakecountry.liberal.ca

 

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes