5 Trik Meraih Hati Pelanggan Via Blog

[Internet Sehat]  Berbisnis melalui blog? Sudah banyak yang melakukannya. Bagaimana agar blog kita mampu meraih hati pelanggan, dan cukup efektif “menjual” sesuatu?

Sekali kita memutuskan untuk berbisnis dengan melalui blog, artinya blog tersebut akan menjadi media utama kita. Istilahnya, itulah toko online kita. Agar toko kita laris manis, tentu ada triknya, tidak bisa sembarangan mengelola. Sebuah blog, alias toko online, tentu punya trik tertentu, berbeda dengan toko di dunia nyata.

Apa saja ya triknya?

1. Ketahui apa interes audiens kita

Agar ”dagangan” laku, sudah pasti kita harus tahu apa kebutuhan dan keperluan target yang dituju. Kenali juga siapa audiens Anda. Dengan tahu apa saja yang menarik bagi mereka, maka kita bisa menyesuaikan konten blog kita. Makin disukai, makin banyak pula pengunjungnya, dan makin besar produk kita dibeli. Bagaimana caranya agar kita tahu apa yang mereka sukai? Tentu saja dengan bertanya. Buatlah survei sederhana agar kita paham siapa audiens kita, apa yang mereka sukai, dan seterusnya. Bisa coba pakai tool survei gratis seperti SurveiMonkey.

2. Posting isu yang lagi hot

Konten yang berisi isu-isu yang sedang hot akan menarik pengunjung. Tidak harus berupa berita heboh. Cukup sebuah artikel pendek yang membahas isu yang sedang hangat dibahas di publik. Bahaslah dalam beberapa postingan blog sekaligus, tapi dalam beberapa sudut pandang, agar makin besar pula kemungkinan diklik orang.

3. Perbanyak penulisnya

Sebuah blog yang kontennya hanya diisi oleh satu orang akan kurang menarik, kurang meyakinkan. Seolah semua idenya sangat obyektif. Coba ajak beberapa teman untuk membantu mengisinya, dengan menyamtumkan nama mereka. Dengan begitu pembaca akan semakin yakin bahwa blog tersebut memang cukup obyektif dalam mempromosikan sesuatu. Minat mereka untuk membeli ”dagangan” Anda juga makin besar.

4. Lebih interaktif

Apalah artinya sebuah blog jika tidak ada interaksi sama sekali? Kesannya akan ”mati”. Koneksikan blogmu dengan berbagai situs social media seperti Twitter, Facebook, Google+, dan banyak lagi. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah berbagi postingan blog dengan teman-teman di situs-situs gaul tersebut, dan lebih interaktif. Pancinglah agar mereka mengunjungi blogmu dan memberi komentar. Atau respon mereka di situs social media pun sudah cukup memberi kesan interaktif.

5. Kirimkan email

Seberapa banyak orang yang kembali lagi mengunjungi blog kita? Tidak banyak. Pelanggan loyal itu sedikit jumlahnya. Maka hargailah mereka yang sudah pernah memberi komentar atau merespon interaksi dengan blog kita, dengan cara mengirimi mereka email. Ucapkan terima kasih, dan kirimkan mereka email jika ada informasi terbaru di blog kita. Interaksi pribadi melalui email membuat pengunjung dihargai, dan kita dapat merebut hati mereka. [Internet Sehat]

Sumber artikel: socialmediaexaminer.com / Sumber gambar: blog.cooliris.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes