8 Langkah Membangun Sistem Komputer Keamanan Rumah

 

[Internet Sehat]  Ingin coba memasang sistem keamanan di rumah dengan memanfaatkan komputer lama? Ternyata tidak sulit, lho. Robert Siciliano, seorang pakar keamanan yang berbasis di Boston berbagi tipsnya:

  1. Update sistem operasi komputer lawas Anda sebisa mungkin. Lalu hubungkan dengan internet.
  2. Instal webcam sederhana dengan mikrofon built in dan pengontrol gerakan, beserta speaker-nya. Setting webcam agar sesuai dengan area mana saja di rumah yang ingin kita pantau.
  3. Unduh Skype, layanan telepon dan konferensi video berbasis internet. Lalu install ke komputer di rumah serta komputer atau laptop yang biasa kita pakai bekerja di kantor. Pastikan semua komputer tersebut dilengkapi dengan webcam.
  4. Buat dua akun Skype yang berbeda, satu untuk komputer rumah, satu lagi untuk laptop atau komputer yang kita pakai secara remot. Buat dua username berbeda, dan setting agar keduanya login secara otomatis begitu komputer dinyalakan.
  5. Set up komputer keamanan rumah dengan software pengakses teknologi remot, LogMeln.com yang bisa diunduh gratis di web. Software ini akan memungkinkan kita mengakses secara remot di manapun kita berada. Baik itu di kantor atau di jalan, kita dapat mengontrol komputer keamanan di ruma kita.
  6. Selalu log in ke sistem keamanan komputer kita di mana pun kita berada. Gunakan Skype untuk menghubunginya dari komputer/laptop remot kita, kemudian jawab panggilan melalui komputer rumah.
  7. Dengan begitu, kita sudah memiliki komputer keamanan rumah yang dapat dikontrol langsung dari jauh. Kita dapat memantau apa yang terjadi di rumah melalui webcam, serta melakukan zoom ke seantero ruangan. Suara kita juga akan terdengar melakui speaker komputer.

Jika terlihat ada orang asing memasuki rumah, segera telepon polisi. Peringatkan si maling itu untuk pergi melalui speaker, seolah-olah kita ada di dalam rumah. [Internet Sehat]

Sumber artikel: securitynewsdaily.com / Sumber gambar: laptopmag.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes