8 Langkah Hemat Baterai Laptop

[Internet Sehat]  Siapa yang tidak ingin baterai laptop tahan lama? Apalagi kalau sedang bepergian, atau sering bekerja secara mobile, sudah pasti butuh laptop yang baterainya awet, sebab tidak semua tempat menyediakan colokan listrik. Menyebalkan bukan, jika sedang asyik bekerja dengan laptop, tahu-tahu baterainya sudah tinggal 10%?

Bagaimana ya agar baterai laptop kita bisa lebih tahan lama? Sebenarnya ada langkah-langkah yang bisa diambil agar baterai bisa bertahan lebih awet. Bagaimana cara kita memakai laptop juga sangat mempengaruhi awet tidaknya baterai lho. Nah seperti apa pemakaian laptop agar beterai bisa tidak cepat drop?

Berikut ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan:

1. Copy file film atau musik ke flashdisk, jangan di hard drive. Sebab makin sedikit penggunaan hard drive, makin minim juga penggunaan power laptop.

2. Tutuplah laman file yang tidak terpakai, sebab itu juga memakan energi lho.

3. Penggunaan Solid State Drive (SSD) atau hard disk eksternal dapat membantu kinerja baterai laptop.

4. Buang aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Kadang kita sering menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak penting bahkan tidak pernah kita pakai. Banyaknya aplikasi hanya akan menambah beban RAM dan CPU, sehingga boros energi.

5. Atur tingkat pencahayaan layar monitor. Jangan terlalu boros cahaya, selain bikin mata cepat lelah, juga menyerap lebih banyak energi baterai. Biasanya ada setting default untuk ini pada laptop, dengan kata kunci ”Save Battery”.

6. Saat tidak perlu koneksi internet, matikan adaptor wireless. Dengan membiarkannya aktif, artinya membuat aplikasi ini terus menerus bekerja mencari sinyal Wi-Fi, dan boros energi.

7. Jangan letakkan laptop di tempat bersuhu tinggi. Usahakan selalu berada di tempat dingin dan teduh.

8. Ketika tidak sedang dibutuhkan, rendahkan tampilan grafik di laptopmu. Sebab makin tinggi resolusinya, makin banyak pula energi yang terserap.

Nah itu tadi beberapa resep penghemat baterai laptop. Silakan coba. [Internet Sehat]

Sumber artikel: Wired.com /Sumber gambar: cheap-computing.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes