Layanan SMS untuk Kesehatan Ibu & Bayi

[Internet Sehat]  Siapa bilang SMS cuma bisa buat bergosip atau curhat galau? Ada juga lho layanan SMS yang berguna buat ibu-ibu. Para ibu seringkali terbenam dalam kesibukan, hingga lupa pada hal-hal penting untuk kesehatan bayinya.  Perlu ada yang mengingatkan kapan jadwal imunisasi, menimbang berat badan, dan seterusnya. Dari masalah ini, muncul sebuah layanan mobile gratis Text4Baby, yang secara berkala mengirim pesan-pesan penting bagi para ibu yang punya anak bayi.

Dalam seminggu, para ibu yang mendaftar layanan ini akan menerima 1 hingga 3 SMS tiap minggu berisi tips kesehatan bagi ibu dan bayinua. Misalnya bagaimana menyusui yang baik, pengingat jadwal imunisasi bayi, vitamin apa yang perlu dikonsumsi ibu, jadwal check up, dan seterusnya.

Untuk mendaftar bisa melalui situs online atau SMS dengan ketik BABYuntuk bahasa Inggris  atau BEBE untuk bahasa Spanyol ke 511411.  Setelah itu masukan
tanggal lahir bayi atau tanggal jatuh tempo jika mau. Selanjutnya akan diminta mengisi profil seputar status ibu dan bayi. Layanan ini berlangsung sampai bayi berumur satu tahun.

Pada bulan November 2011, para peneliti di University of San Diego sekolah kedokteran menganalisa efektivitas program Text4Baby. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan menarik:

- 63,1% melaporkan bahwa Text4Baby membantu mereka mengingat janji atau imunisasi bahwa mereka atau anak mereka dibutuhkan.
- 75,4%  ibu mengatakan bahwa pesan Text4Baby cukup informatif, memberitahu mereka tentang tanda-tanda peringatan medis yang mereka tidak tahu.
- 71,3%  ibu mendiskusikan topik yang dikirim Text4Baby dengan dokter mereka
Program ini diluncurkan pada tahun 2010, dan sejauh ini lebih dari 323.000 orang telah memperpanjang kepesertaan mereka.

Layanan ini diselenggarakan oleh Johnson & Johnson, CTIA – Wireless Foundation. Untuk konten seputar informasi kesehatan disediakan oleh Johnson & Johnson dan Healthy Mothers Healthy Babies.

“Ibu-ibu masa kini selalu membawa ponsel ke mana pun mereka pergi, maka SMS adalah cara termudah untuk menjangkau mereka,” ujar jurubicara  Johnson & Johnson.

Semoga layanan serupa bisa segera ada di Indonesia. [Internet Sehat]

Sumber artikel: Mashable.com / Sumber gambar: mashable.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes